PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID JAVA PADA SISI CUSTOMER UNTUK MEWADAHI PEKERJAAN LEPAS DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING STUDI KASUS: NGANGGUR.ID

REVANDIKA PRATAMA SIAHAAN

Informasi Dasar

20.04.2355
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

StartUp Nganggur.id merupakan sebuah Tech-StartUp yang bergerak dibidang pekerjaan lepas. Nganggur.id pertama kali dibangun pada 10 November 2018 di Bandung, Jawa Barat. Nganggur.id bertujuan untuk mewadahi pekerjaan lepas dari kedua sisi antara pemberi pekerjaan lepas dan pekerja lepas pada mahasiswa. Nganggur.id berlokasi di Jalan Kinagara I, Lengkong, Bojongsoang, Jawa Barat.

Nganggur.id hadir dengan membawa solusi permasalahan berdasarkan suvey yang telah dilakukan kepada lebih dari 100 mahasiswa Universitas Telkom. Beberapa permasalahannya, diantaranya; sulit mencari pekerja lepas terpercaya, tidak adanya fitur track progress pekerjaan, dan tidak ada jaminan terhadap proyek / pekerjaan lepas. Hal tersebut memberikan dampak pengalaman negatif bagi kedua belah sisi yakni sulitnya mencari pekerjaan sesuai kemampuan dan sulitnya mencari pekerja lepas yang mampu dan terpercaya.

Berdasarkan permasalahan diatas, perlu dikembangkan platform / wadah yang memilki sistem untuk membantu mempertemukan antara pemberi pekerjaan lepas dan pekerja lepas sesuai dengan bidang pekerjaan masing – masing. Nganggur.id menjadi nama aplikasi yang digunakan untuk menampung daftar pekerjaan lepas dan menghubungkan dengan pekerja – pekerja lepas sesuai bidang masing – masing. Menggunakan aplikasi Nganggur.id, pemberi pekerjaan lepas akan dapat menemukan pekerja terpercaya, melihat progress pekerjaan, serta adanya jaminan pekerjaan terselesaikan dengan baik.

Aplikasi Nganggur.id akan dikembangkan menggunakan operating system Android dengan menerapkan konsep MVVM dan database RDBMS dengan aplikasi MySQL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Extreme Programming. Metode Extreme Programming merupakan metode yang efisien, cepat, dan fleksibel dalam pengembangan aplikasi.

Hasil penelitian adalah rancangan aplikasi layanan pekerja lepas yang telah diuji melalui pengujian Scenario Testing untuk mendapatkan nilai persentase keberhasilan fungsi aplikasi. Hasil pengujian mendapatkan nilai 98,58% yang berarti hampir semua tester dapat menggunakan aplikasi dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Extreme Programming dinilai cepat dan tepat pada penelitian ini.

Kata Kunci: Pekerjaan Lepas, Extreme Programming, MVVM, RDBMS, dan MySQL.

Subjek

ANDROID PROGRAMMING
 

Katalog

PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID JAVA PADA SISI CUSTOMER UNTUK MEWADAHI PEKERJAAN LEPAS DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING STUDI KASUS: NGANGGUR.ID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REVANDIKA PRATAMA SIAHAAN
Perorangan
RAHMAT FAUZI, EKKY NOVRIZA ALAM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini