PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK PADA BIDANG PERTANAHAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM (STUDI KASUS: DINAS PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN PROVINSI JAWA BARAT)

MAULANA MUHAMMAD FATHONI

Informasi Dasar

20.04.2397
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan aset yang sangat penting dan berguna dalam kemajuan sebuah organisasi. Pada sektor pemerintahan, pemerintah melakukan inovasi dalam pembangunan di setiap layanan melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Namun implementasi SPBE pada daerah Provinsi Jawa Barat memiliki tingkat kematangan yang belum memenuhi target untuk menjadi Provinsi dengan predikat baik. Pada Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat telah mengimplementasi SPBE pada operasionalnya, namun karena tingkat kematangan yang belum memenuhi target sehingga menimbulkan kesenjangan untuk mencapai tujuan dan kebutuhan organisasi.

Dengan permasalahan terebut, tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perancangan Enterprise Architecture (EA) sebagai dasar dalam optimasi implementasi SPBE dengan menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM. Fokus utama dari perancangan berupa pengembangan arsitektur aplikasi dan teknologi untuk penunjang kegiatan bisnis yang berada pada Bidang Pertanahan Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat. Hasil akhir dari penelitian ini berupa rancangan cetak biru EA SPBE yang memuat solusi dari permasalahan sehingga menghilangkan kesenjangan dan juga mempermudah pencapaian tujuan strategis yang telah di tetapkan pada Bidang Pertanahan Dinas Perumahan dan Permukiman.

Kata kunci: Enterprise Architecture, TOGAF ADM, SPBE, Optimalisasi, Cetak Biru.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
INFORMATION MANAGEMENT,

Katalog

PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK PADA BIDANG PERTANAHAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM (STUDI KASUS: DINAS PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN PROVINSI JAWA BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAULANA MUHAMMAD FATHONI
Perorangan
FALAHAH, BERLIAN MAULIDYA IZZATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini