PERANCANGAN MODUL ADMIN SIBENGKEL UNTUK KEBUTUHAN ADMINISTRASI MITRA DAN ADMIN SIBENGKEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

MUHAMMAD FATHONI

Informasi Dasar

20.04.2400
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SiBengkel adalah aplikasi yang dibangun untuk memudahkan pengguna motor Vespa untuk melakukan pemesanan antrean service motor secara online di bengkel yang terdaftar dalam aplikasi dan terdekat dengan pengguna aplikasi. Pembuatan startup SiBengkel bertujuan untuk memecahkan permasalahan dalam bengkel ketika service kendaraan yang menumpuk dan juga mempermudah pihak bengkel dalam mengelola antrean service yang melonjak. Namun untuk mempermudah pihak bengkel atau mitra Sibengkel dalam mengelola antrean service, pihak bengkel perlu adanya sebuah layanan digital untuk membantu mitra SiBengkel dalam mengontrol daftar booking service online dan juga melihat kondisi lapangan.

Dilihat dari permasalahan yang ada, penulis mencoba untuk membantu mitra SiBengkel dalam menghadapi permasalahan yang ada. Penulis mencoba untuk membuat sebuah modul admin untuk membantu mitra SiBengkel dalam melihat daftar Pelanggan secara online dan juga mengontrol traffic yang terjadi di lapangan. Dengan begitu mitra SiBengkel bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan yang akan terjadi seperti salah melakukan pelayanan pada Pelanggan atau tidak ter pegangnya kendaraan yang hendak di service. Selain itu penulis juga membuat modul admin untuk admin SiBengkel untuk melihat jumlah Pelanggan, melihat banyaknya booking, dan juga revenue yang didapatkan oleh SiBengkel.

Dalam perancangan modul admin untuk membantu pengelolaan antrean pada mitra SiBengkel, penulis memilih untuk menggunakan metode XP (Extreme Programming), alasan dari penulis menggunakan metode Extreme Programming adalah karena desain yang sederhana, efisien, fleksibel dan cocok untuk digunakan dalam membuat sebuah sistem yang sederhana dan memakan waktu yang relatif singkat dalam pengerjaannya. Dan penulis memilih Laravel sebagai framework dalam mengerjakan modul admin karena dengan menggunakan framework Laravel, penulis bisa menulis kode dengan efisien. Hasil dari pengerjaan Tugas Akhir ini adalah membantu mitra SiBengkel untuk lebih mudah mengelola antrean yang melonjak dengan rancangan modul admin yang dibuat oleh penulis dimana modul admin tersebut memberikan fitur pemantauan antrean booking service online, melihat jumlah Pelanggan, dan melihat revenue untuk mitra SiBengkel serta pemantauan antrean booking service online, melihat jumlah Pelanggan, dan melihat revenue, melakukan input barang, dan mitra untuk admin SiBengkel. Dengan fitur yang telah dirancang tersebut, hasil yang didapatkan penulis dalam testing menggunakan metode Black Box Texting untuk mitra SiBengkel, didapatkan bahwa seluruh fitur yang ditawarkan dapat bekerja dengan baik atau sukses bekerja 100%.

Subjek

WEB DEVELOPMENT
 

Katalog

PERANCANGAN MODUL ADMIN SIBENGKEL UNTUK KEBUTUHAN ADMINISTRASI MITRA DAN ADMIN SIBENGKEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FATHONI
Perorangan
RAHMAT FAUZI, SONI FAJAR SURYA GUMILANG
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini