Langit Musik merupakan salah satu aplikasi streaming music online yang ada di Indonesia dan dimiliki oleh Telkomsel. Saat ini, Langit Musik memiliki beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut diantaranya awarness pengguna aplikasi streaming music online terhadap aplikasi Langit Musik. Rendahnya pembeda atau difrensiasi dari aplikasi Langit Musik dibandingkan dengan aplikasi streaming music online lainnya. Dengan permasalahan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi Langit Musik memiliki brandawrness yang lemah dimata pengguna. Salah satu upaya untuk membangun competitive diffrentiation adalah dengan melakukan strategi postioning.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui positioning Langit Musik diantara pesaing aplikasi streaming music online lainnya, menentukan analisis SWOT atribut perbaikan Langit Musik berdasarkan perceptual mapping dan Merumuskan rancangan strategi positioning untuk perbaikan Langit Musik. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelengkapan lagu, desain, harga, kualitas lagu, kulitas audio, popularitas merk, kemudahan cara pembayaran, kemudahan cara penggunaan, promo, kegunaan, paket layanan, kesenangan, dan fitur. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna streaming music online. Sampel penelitian ini berjumlah 240 orang. Melalui perceptual mapping, didapatkan 3 kelompok wilayah persaingan. Langit Musik berada pada wilayah yang sama dengan JOOX yang merupakan pesaing utama dari Langit Musik. Hasil penelitian ini merupakan strategi positioning pada atribut yang menjadi dasar kompetisi pada wilayah persaingan Langit Musik dan JOOX untuk untuk menjadi dasar rekomendasi perbaikan positioning dan menjadi pertimbangan untuk mencapai tujuan yang akan dicapai oleh Langit Musik.