Penggunaan Metode Augmented Reality Untuk Pembelajaran Pada Materi Sistem Kerangka Tubuh Manusia

FARIS AFDHIL FAWWAZ

Informasi Dasar

20.06.144
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Berdasarkan sistem pembelajaran yang terjadi di Indonesia, masih banyak yang menggunakan metode konvensioal. Padahal yang terjadi sekarang teknologi berkembang dengan sangat pesat dan tentunya berdampak positif juga bagi dunia pendidikan. Proses penyampaian materi oleh guru masih terkesan kaku dan pasif, sehingga dari permasalahan tersebut dibuatlah solusi dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Pada proyek akhir ini akan dilakukan perancangan dan pembuatan aplikasi android dalam bentuk Augmented Reality (AR) dengan menggunakan konsep marker dan markerless yang dapat digunakan oleh Siswa/I pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dalam hal ini Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan menjadi tempat pengimplementasian adalah SMPN 5 Bandung. Pada hasil pengujian dari proyek akhir ini, aplikasi Skeleton AR ini dapat berjalan dengan baik pada android dengan jarak optimal pengambilan gambar marker pada jarak 10-30 cm dan kemiringan sudut optimal pada sudut 0° hingga 45°. Pada pengujian kebutuhan aplikasi MOS (Mean Opinion Score) dengan hasil terbaik sebesar 47,5 sedangkan survey manfaat aplikasi MOS (Mean Opinion Score) dengan hasil terbaik 4,5.

Subjek

MULTIMEDIA SOFTWARE
 

Katalog

Penggunaan Metode Augmented Reality Untuk Pembelajaran Pada Materi Sistem Kerangka Tubuh Manusia
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARIS AFDHIL FAWWAZ
Perorangan
Tri Nopiani Damayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini