RANCANGAN PERBAIKAN KOMUNIKASI PEMASARAN MARIANA BEAUTY MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN TOPSIS

LARAS RIZKIA

Informasi Dasar

20.04.2436
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mariana Beauty merupakan salah satu klinik kecantikan yang saat ini sedang berkembang dan terletak di kota Bandung. Mariana Beauty ini merupakan klinik kecantikan yang memiliki harga yang murah dengan kualitas yang bersaing dengan klinik kecantikan lain. Gejala masalah pada Mariana Beauty adalah jumlah pelanggan yang dinamis namun cenderung turun setiap bulannya, Mariana Beauty tidak termasuk kedalam merek yang terbaik karena tidak termasuk pada Top Brand dimana Top Brand ini merupakan indikator suatu merek dikatakan baik, selain itu Mariana Beauty memiliki enam cabang di Kota Bandung dan calon partner benchmark memiliki cabang yang kurang dari enam, namun kehadiran Mariana Beauty masih kurang disadari oleh banyak orang hal ini berdasarkan hasil survei pendahuluan yang menunjukan bahwa Mariana Beauty tidak cukup dikenal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dapat disimpulkan Mariana Beauty belum memaksimalkan komunikasi pemasaran yang telah diterapkan. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan perbaikan dan rekomendasi program komunikasi pemasaran pada Mariana Beauty menggunakan metode Benchmarking dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Rancangan yang telah dilakukan harus mampu memberikan dampak baik bagi Mariana Beauty. Metode Benchmarking digunakan untuk mendapatkan rancangan terbaik dari partner benchmark. AHP digunakan untuk menentukan bobot kepentingan dari setiap komunikasi pemasaran dan menentukan peringkat implementasi hasil rekomendasi sedangkan TOPSIS digunakan untuk menentukan partner benchmark. Rekomendasi pada penelitian ini adalah menambah tent card pada outlet dan logo atau slogan pada bagian belakang kemasan, mulai menerapkan free shipping dan menambahkan jenis pada related products, menambahkan jenis acara dan jumlah rata-rata peserta acara, menambahkan jumlah e-marketplace, meningkatkan jumlah engagement rate,menambah jumlah pengikut, menambah jenis konten pada postingan Instagram, menambah jumlah organic keyword dan menambah jumlah kegiatan amal.
Kata Kunci : Benchmarking, Analytical Hierarchy Process, Technique for Order Preferences by Similarity to Ideal Solution, komunikasi pemasaran, klinik kecantikan

Subjek

Marketing - communication
 

Katalog

RANCANGAN PERBAIKAN KOMUNIKASI PEMASARAN MARIANA BEAUTY MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN TOPSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LARAS RIZKIA
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA, SARI WULANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini