PENGEMBANGAN APLIKASI WEBSITE UNTUK KEPERLUAN BISNIS SIBENGKEL DENGAN FRAMEWORK LARAVEL MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

FADEL ACHMED GANESHA

Informasi Dasar

20.04.2453
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SiBengkel adalah aplikasi yang dibangun untuk memudahkan pengguna motor Vespa untuk melakukan pemesanan antrian servis motor secara daring di bengkel terdekat dengan pengguna aplikasi sehingga tidak terjadi penumpukan pada satu bengkel dan pembelian suku cadang serta aksesoris motor Vespa secara daring sehingga pengguna motor tidak lagi perlu melakukan pembelian di toko. SiBengkel menyediakan solusi atas servis kendaraan yang mengantre dan juga mempermudah pihak bengkel dalam mengelola antrean servis yang melonjak. (permasalahan)

Dilihat dari permasalahan yang ada, SiBengkel akan menyediakan aplikasi untuk menyediakan solusi tersebut. Karena itu penulis mengembangkan aplikasi berbasis website yang dapat memfasilitasi pengguna motor dalam melakukan pembelian suku cadang dan asksesoris serta melakukan booking servis.

Aplikasi ini memanfaatkan Laravel 7.5 sebagai kerangka kerja pemrograman dan database MySQL serta menggunakan metode Extreme Programming sebagai metode pengembangannya. Metode ini dinilai paling tepat untuk pengembangan aplikasi ini karena metode Extreme Programming merupakan metode yang efisien, cepat, mudah menghadapi perubahan, serta cocok untuk tim berjumlah kecil.

Pengujian pada sistem ini menggunakan metode black box yaitu metode pengujian perangkat lunak tanpa melihat baris – baris code atau internal program. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan sistem dalam menangani permintaan dan pengolahan data yang diminta oleh aplikasi SiBengkel. Dari hasil pengujian, sistem yang telah dirancang dan diimplementasikan telah memenuhi kebutuhan pengolahan data dalam aplikasi SiBengkel dengan 96,9% keberhasilan pada modul login dan registrasi, 93,77% keberhasilan pada modul booking, 96,9% keberhasilan pada modul pembelian produk, dan 93,8% pada modul mitra.

Kata kunci: SiBengkel, Extreme Programming, Vespa, pemesanan daring.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

PENGEMBANGAN APLIKASI WEBSITE UNTUK KEPERLUAN BISNIS SIBENGKEL DENGAN FRAMEWORK LARAVEL MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADEL ACHMED GANESHA
Perorangan
RAHMAT FAUZI, SONI FAJAR SURYA GUMILANG
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini