PERANCANGAN SISTEM AUTOMATIC REPORTING UNTUK PROSES AKUNTANSI PADA SMART UKM DENGAN MENGGUNAKAN OPEN ERP DAN METODE SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE

RAFA MAULANA FADLILA

Informasi Dasar

20.04.2455
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha kecil dan menengah atau UKM merupakan kegiatan yang saat ini banyak diminati dan sangat berkembang di Indonesia. Pesatnya perkembangan UKM di Indonesia khususnya di era teknologi saat ini akan berpengaruh pada daya saing antar UKM yang semakin tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pada UKM adalah dengan melakukan pengembangan sistem yang dapat dijadikan standar untuk mendukung kinerja proses bisnis sehari-hari. Beberapa UKM di Indonesia masih belum memiliki sistem yang dapat dijadikan standar untuk mendukung kinerja proses bisnis sehari-hari khususnya pada pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan pada UKM. Pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan yang dibuat secara manual dan tidak terintegrasi antar proses yang sedang berjalan akan meningkatkan kesalahan perhitungan pada laporan yang dihasilkan dan digunakan untuk mengontrol biaya yang telah didapat maupun dikeluarkan. Hal ini berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam melakukan perencanaan strategi pembelian, pengelolaan biaya dan pemanfaatan sumber daya.

Maka solusi untuk mencatat transaksi keuangan dan pembuatan laporan keuangan pada UKM adalah dengan melakukan perancangan sistem ERP yang berbasis Open Source menggunakan metodologi Service Oriented Architecture, yaitu Smart UKM dengan menerapkan fitur Automatic Reporting dengan tujuan untuk menciptakan best practice pada sistem yang terintegrasi khususnya dalam melakukan pencatatan transaksi pada proses penjualan (sales) dan pembelian (purchase) agar laporan keuangan dapat dibuat secara otomatis dan bersifat real-time.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan model sistem Smart UKM berbasis sistem ERP yang menerapkan modul accounting pada aplikasi Odoo dan menggunakan metode SOA agar dapat menyesuaikan kebutuhan serta masalah yang dialami oleh UKM pada sistem pengelolaan keuangannya.

Kata Kunci : Smart UKM, ERP Open Source, Automatic Reporting, Metode SOA

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM AUTOMATIC REPORTING UNTUK PROSES AKUNTANSI PADA SMART UKM DENGAN MENGGUNAKAN OPEN ERP DAN METODE SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFA MAULANA FADLILA
Perorangan
UMAR YUNAN KURNIA SEPTO HEDIYANTO, MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini