PERANCANGAN APLIKASI BENEYEGLASSES BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING GUNA KEPERLUAN BISNIS KACAMATA

ABDURRAHMAN YASKUR

Informasi Dasar

20.04.2457
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beneyeglasses merupakan bisnis yang bergerak dibidang optik. Beneyeglasses resmi dibuat dan menjalankan bisnisnya pada 20 Februari 2018 dan bagian dari CV. Tritama. Beneyeglasses merupakan bisnis yang menyediakan frame, lensa, pemeriksaan mata gratis, juga menyediakan bakti sosial di tempat melalui karyawan Beneyeglasses ataupun marketer external Beneyeglasses. Beneyeglasses berlokasi di Griya Serpong Asri B6/6, Cisauk, Kab.Tangerang.

Beneyeglasses memiliki beberapa bagian dalam menjalankan bisnisnya, yaitu bagian pemeriksaan mata (baksos) dan penjualan kacamata, serta admin Beneyeglasses. Tugasnya adalah melakukan pemeriksaan mata langsung ke lokasi customer, selanjutnya customer bisa melakukan pembelian kacamata langsung di tempat, serta melakukan penerimaan pendaftaran bakti sosial di Banten. Dalam menjalankan tugasnya terdapat beberapa kendala, pertama, sesudah customer melakukan pemeriksaan mata customer tidak bisa melakukan pembelian kacamata, customer menginginkan pembelian dilain hari dengan pembelian online. Ataupun customer yang melakukan pendaftaran bakti sosial akan mengalami bentrok dengan jadwal lainnya di tempat berbeda.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka dari itu dibuat suatu website untuk mengelola penjualan serta booking jadwal baksos secara online dengan website. Sistem ini akan terintegrasi dengan sistem admin, dimana data yang sudah diinputkan dijadwal baksos akan tersimpan sesuai waktu, tanggal yang dipilih, dan jadwal bakti sosial bisa dilihat oleh seluruh customer yang mengunjungi website. Website juga menyediakan transaksi penjualan langsung di website, dengan model frame dan lensa yang sama di offline, bakti sosial. Sehingga customer yang sudah melakukan pemeriksaan mata mempunyai resep dan frame yang sudah dilihat dan dicoba, akan bisa langsung mengetahui merek framenya di website.

Sistem website ini dibangun menggunakan metode Extreme Programming (XP) yang merupakan metode atau “technical how to” bagaimana suatu tim teknis mengembangkan perangkat lunak secara efisien melalui berbagai prinsip dan teknik praktis pengembangan perangkat lunak. XP menjadi dasar bagaimana tim bekerja sehari-hari. Serta menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL.

Hasil penelitian berupa website yang dapat dijadikan sebagai solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Beneyeglasses dan semua orang sehingga dalam kegiatan penjualan dan kegiatan baksos akan menjadi lancar. Dalam hasil black box testing dan integration testing kepada user dan admin bahwa mereka menerima pengujian fitur-fitur website berjalan dengan normal dan cepat, dan perhitungan usability testing mendapatkan hasil pengukuran kualitas sebesar 91.34% dengan predikat sangat baik, yang sangat diterima oleh user.

Subjek

Web design
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI BENEYEGLASSES BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING GUNA KEPERLUAN BISNIS KACAMATA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDURRAHMAN YASKUR
Perorangan
RAHMAT FAUZI, SONI PUTRA FAJAR GUMILANG
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini