Usaha kecil menengah atau UKM merupakan kegiatan usaha yang banyak diminati dan sangat berkembang pesat di Indonesia. Peran UKM sendiri sangat berkontribusi besar dalam membangun perekonomian nasional karena berhasil melibatkan banyak pelaku ekonomi dalam berbagai bidang dan potensi yang dimiliki. Pesatnya perkembangan UKM terutama di era teknologi saat ini tentunya berdampak pada peningkatan daya saing. Untuk itu, UKM harus berupaya meningkatkan kualitas yang dimiliki salah satunya dengan menggunakan sistem yang dapat mendukung proses bisnis utama terutama pada proses pembelian barang material yang dibutuhkan untuk melakukan produksi.
Solusi berdasarkan permasalahan tersebut, yaitu dengan membuat suatu rancangan sistem ERP menggunakan aplikasi open source, yaitu Smart UKM. Perancangan sistem ini bertujuan untuk menciptakan suatu best practice dalam proses pembelian pada UKM dengan seleksi tender pada modul purchase management. Perancangan sistem diharapkan dapat membantu dalam mengintegrasi dan mengotomasi proses pembelian barang agar mampu menunjang proses produksi dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Perancangan sistem ini menggunakan metode Service Oriented Architecture (SOA) untuk mempermudah dalam membuat perancangan permodelan proses bisnis serta service yang akan digunakan sesuai dengan permasalahan kegiatan pembelian yang dialami oleh UKM. Penulis juga menggunakan teknik pengujian User Acceptance Test (UAT) mengevaluasi apakah penelitian ini dapat mendukung proses bisnis pembelian dengan seleksi tender.