PERANCANGAN ATRIBUT SANDAL BEARPATH BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS

ARGYA RAHMASARI

Informasi Dasar

20.04.2462
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri fashion Indonesia saat ini sedang berkembang pesat, salah satu UKM yang berfokus pada fashion alas kaki yaitu Bearpath. Sejak Januari 2018 hingga September 2019 Bearpath mangalami penjualan yang cenderung tidak stabil. Didukung dengan awareness masyarakat terhadap brand Bearpath yang sangat rendah serta variasi model dan fitur pada produk yang kurang beragam dibandingkan dengan kompetitor. Hal tersebut dikonfirmasi kepada konsumen melalui survei pendahuluan, dan didapatkan hasil berupa tingginya keluhan terhadap produk. Penyebab dari penjualan tidak stabil, dan tingginya keluhan terhadap produk diindikasikan bahwa Bearpath kurang memperhatikan preferensi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode conjoint analysis dengan pendekatan full- profile yang bertujuan untuk menggali preferensi konsumen terkait dengan atribut yang dinilai penting, dan juga membuat alternatif rekomendasi atribut berdasarkan preferensi atau keinginan konsumen. Responden pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 orang konsumen Bearpath, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian didapatkan output yang menyatakan bahwa warna menjadi atribut terpenting menurut preferensi konsumen, dan rekomendasi atribut untuk perancangan produk Bearpath yaitu model sandal two strap, fitur interchangeable strap, warna gelap, bermaterial polyester 300D, dan dengan harga berkisar antara Rp250.000 – Rp350.000.

Kata Kunci : Conjoint Analysis, Preferensi Konsumen, Bearpath

Subjek

INDUSTRIAL MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN ATRIBUT SANDAL BEARPATH BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARGYA RAHMASARI
Perorangan
SARI WULANDARI, MELDI RENDRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini