Abstraksi
Pesatnya perkembangan digital dan internet di dunia membuat berbagai bidang dalam kehidupan mengalami perubahan yang signifikan, salah satunya pada bidang musik dimana orang lebih memilih mendengarkan musik secara streaming dibandingkan dengan membeli kepingan CD atau kaset musik. Dengan tren mendengarkan musik secara streaming mulai bermunculan platform music streaming lainnya yang masuk ke Indonesia seperti JOOX, Spotify dan lain-lain. Di Indonesia terdapat platform music streaming yang dimiliki oleh Telkomsel yaitu Langit Musik. Langit Musik merupakan platform music streaming hasil kerjasama antara Telkomsel dengan PT.Melon Indonesia yang telah diluncurkan sejak 18 Januari 2010 di Indonesia. Dibandingkan jumlah unduhan aplikasi pemain baru yaitu Spotify yang diluncurkan pada 30 Maret 2016 di Indonesia jauh lebih unggul dibandingkan Langit Musik. Selain itu pengguna aplikasi Langit Musik memiliki beberapa keluhan terhadap kinerja layanan. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi atribut layanan aplikasi music streaming yang perlu diperbaiki agar dapat bersaing dengan cara mempertimbangkan kompetitor unggul. Penelitian ini menggunakan dimensi M-Servqual dengan 29 atribut yang didapatkan berdasarkan literatur studi relevan dan wawancara pengguna music streaming Langit Musik maupun Spotify. Kemudian dengan metode Importance Performance Competitor Analysis didapatkan atribut yang masuk kedalam kuadran urgent action berjumlah 11 atribut sebagai rekomendasi atribut yang perlu dilakukan perbaikan oleh Langit Musik.
Kata Kunci: Digital, Langit Musik, music streaming, M-Servqual, Importance Performance Competitior Analysis