PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN VIRAL MARKETING DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE KOTA BANDUNG (SEBUAH STUDI TENTANG KUNJUNGAN WISATAWAN KE KOTA BANDUNG TAHUN 2020)

EREN NANDA SITEPU

Informasi Dasar

20.06.173
658.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sektor pariwisata Indonesia saat ini berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2019 sebesar 4,80%. Pada tahun 2019 kontribusi pariwisata terhadap devisa Rp. 246,4 triliun dan mencatat jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia 16,1 juta dibandingkan 2018. Kota Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan pariwisata yang memiliki daya tarik wisata yang menakjubkan. Pertumbuhan jumlah wisatawan di Kota Bandung menunjukkan peningkatan. Pemerintah Kota Bandung terus melakukan upaya pembangunan dan pengembangan dalam sektor pariwisata dengan melakukan upaya promosi Electronic Word of Mouth dan Viral Marketing melalui akun Instagram disbudpar.bdg sebagai upaya untuk memperkenalkan destinasi wisata dalam rangka meningkatkan minat berkunjung wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh langsung dari variabel Electronic Word of Mouth dan Viral Marketing terhadap minat berkunjung wisatawan ke kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Sampel penelitian ini adalah 100 wisatawan yang akan mengunjungi sekaligus menggunakan layanan yang ada pada pariwisata kota Bandung dengan penyebaran kuesioner yang dilakukan secara online. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda, serta menggunakan skala likert sebagai skala pengukuran. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa presentase untuk variabel Electronic Word of Mouth sebesar 81,56%, variabel Viral marketing sebesar 76,64% dan variabel minat berkunjung sebesar 84,81%. Variabel independent Electronic word of mouth dan Viral marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat berkunjung wisatawan sebesar 15,2% sedangkan sisanya 84,8% tidak dijelaskan dalam penelitian ini atau faktor-faktor lain seperti kulitas pelayanan, Content marketing, brand image , city branding & social media.

Kata Kunci : Electronic word of mouth, Viral marketing , Minat Berkunjung

Subjek

Marketing
 

Katalog

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN VIRAL MARKETING DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE KOTA BANDUNG (SEBUAH STUDI TENTANG KUNJUNGAN WISATAWAN KE KOTA BANDUNG TAHUN 2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EREN NANDA SITEPU
Perorangan
Sampurno Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini