PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM @AESTHETIC.BLUEPIN TERHADAP BRAND EQUITY (STUDI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @AESTHETIC.BLUEPIN TAHUN 2020)

ANISA NUR BETI

Informasi Dasar

28 kali
20.06.180
658.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perkembangan teknologi internet di kehidupan manusia mempermudah komunikasi tanpa batas jarak dan waktu. Menurut survei yang dilakukan oleh wearesocial.com pada tahun 2018 mengatakan bahwa 130 juta dari 265 juta populasi di Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial, oleh karena itu banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi pemasarannya, salah satunya adalah Aesthetic Bluepin. Melihat hal tersebut maka diharapkan local brand harus mampu mendominasi pasar di Indonesia dibandingkan global brand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh social media marketing melalui Instagram @aesthetic.bluepin terhadap brand equity guna mewujudkan visi dari Aesthetic Bluepin yaitu untuk menjadi perusahaan kosmetik dan jasa estetik yang terkemuka dengan jaringan distribusi terbesar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan variabel bebas (X) yaitu social media marketing yang terdiri dari dimensi communication, collaboration, conection, dan context. Dan variabel terikat (Y) yaitu brand equity yang terdiri dari dimensi brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam bentuk kuesioner menggunakan google form yang disebar secara online melalui direct message kepada followers Instagram @aesthetic.bluepin, sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji F, dan koefisien determinasi dengan menggunakan aplikasi Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 26. Lalu hasil dari analisis deskriptif dari penelitian ini didapatkan besarnya variabel social media marketing (X) yaitu sebesar 71,37% dan variabel brand equity (Y) sebesar 71,78%, keduanya berada dalam kategori tinggi. Lalu berdasarkan uji hipotesis didapatkan bahwa terdapat pengaruh social media marketing melalui Instagram @aesthetic.bluepin terhadap brand equity sebesar 84% dan sisanya 16% yaitu pengaruh oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Social Media Marketing, Connection, Communication, Context, Collaboration, Brand Equity, Brand Awareness, Brand Association, Brand Loyalty, Preceived Quality.

Subjek

SOCIAL MEDIA-MARKETING
 

Katalog

PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM @AESTHETIC.BLUEPIN TERHADAP BRAND EQUITY (STUDI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @AESTHETIC.BLUEPIN TAHUN 2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANISA NUR BETI
Perorangan
Fanni Husnul Hanifa
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini