PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI LINTAS BANDUNG BERBASIS MOBILE ANDROID UNTUK TINDAKAN PERBAIKAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

ARIEF RYAN RISBAYA

Informasi Dasar

20.04.2495
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kota Bandung adalah salah satu kota terbesar di Indonesia. Bandung menjadi kota metropolitan yang cukup padat penduduk, bahkan kota Bandung dinobatkan sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat. Pada kota yang juga dijuluki sebagai kota Kembang ini memiliki fasilitas moda Angkutan Umum yang melayani rute perjalanan di dalam kota atau lintas kota sekitar Bandung Raya.

Angkutan Umum yang sangat sering ditemukan di kota Bandung adalah Angkutan Kota atau Angkot, dan Bis Damri atau Trans Bandung. Angkutan Umum merupakan sebuah sarana transportasi umum dengan rute-rute yang sudah ditentukan. Menurut Dishub Jabar pada tahun 2016, berdasarkan data statistik penggunaan Angkutan Umum konvensional dalam kurun waktu 10 tahun terakhir kian menurun dari yang sebelumnya 40% menjadi 20%. Sedangkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat tahun 2018, berdasarkan data statistik penggunaan kendaraan pribadi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, mengalami peningkatan kendaraan di kota Bandung yaitu sebesar 3,9% setiap tahunnya. Sementara itu kemacetan di beberapa titik lokasi di kota Bandung semakin meningkat. Berkurangnya minat masyarakat menggunakan Angkutan Umum dikarenakan di setiap terminal informasi rute Angkutan Umum khususnya di kota Bandung sangatlah minim. Bahkan di terminal sulit ditemukan informasi rute.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diciptakanlah sebuah solusi yaitu platform yang dapat memberikan informasi tersebut dan diharapkan dapat membantu pengguna jasa Angkutan Umum untuk mengetahui berbagai rute perjalanan yang ada di Bandung. Perancangan solusi tersebut berfokus pada desain User Interface dan User Experience dari platform (UI/UX) yang akan dikembangkan. Perancangan desain User Interface akan menggunakan metode User Centered Design untuk melakukan pendekatan terhadap calon pengguna guna mendapatkan kebutuhan terhadap design yang akan dirancang. Pengujian desain tersebut mengacu pada System Usability Scale (SUS) sebagai standar dalam Usability Testing yang akan dilakukan oleh pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan User Interface pada aplikasi yang bernama Lintas Bandung berbasis mobile Android yang memiliki hasil skor pengujian yaitu 79 dan 80% dapat diterima (acceptable) oleh pengguna.

Kata kunci: Kota Bandung, Angkutan Umum, UI/UX, User Centered Design.

Subjek

USER INTERFACES
 

Katalog

PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI LINTAS BANDUNG BERBASIS MOBILE ANDROID UNTUK TINDAKAN PERBAIKAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIEF RYAN RISBAYA
Perorangan
Rahmat Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini