PERANCANGAN MANAJEMEN RISIKO PROYEK PADA SPBE/E-GOVERNMENT BERDASARKAN PERMEN PANRB NOMOR 5 TAHUN 2020 (STUDI KASUS: PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG)

KHOIROTUN NISA`

Informasi Dasar

20.04.2497
332.015 195
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemerintah Kabupaten Bandung merupakan salah satu lembaga teknis daerah yang memiliki tugas pokok yaitu melaksanakan urusan pemerintah daerah di Kabupaten Bandung. Dalam penerapannya, Pemerintah Kabupaten Bandung belum sepenuhnya menerapkan manajemen risiko proyek sesuai tujuan SPBE. Hal ini ditunjukkan dengan belum optimalnya mekanisme dalam pengelolaan risiko proyek SPBE pada Pemerintah Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, diperlukan perancangan manajemen risiko proyek pada Pemerintah Kabupaten Bandung agar dapat memenuhi tujuan organisasi sesuai dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Terkait hal ini, perlu dilakukan penelitian tentang proses manajemen risiko proyek dengan mengacu pada peraturan menteri PANRB Nomor 5 Tahun 2020 tentang pedoman manjemen risiko SPBE. Perancangan Manajemen Risiko Proyek ini mengacu pada kerangka kerja COBIT 5 for Risk dan ISO 31000:2018. Kemudian proses penelitian diawali dengan melakukan studi literatur dan studi lapangan terkait manajemen risiko proyek pada Pemerintah Kabupaten Bandung sebagai sumber pengetahuan dan penelitian dalam melakukan perancangan. Maka dari itu, akan dilakukan evaluasi, analisis, dan penilaian terhadap kondisi eksisting terkait manajemen risiko proyek yang mengacu pada kerangka kerja COBIT 5 for Risk, kemudian digunakan sebagai bahan acuan dalam proses penanganan risiko yang terjadi pada Pemerintah Kabupaten Bandung. Tujuan dari perancangan manajemen risiko proyek yaitu membantu meningkatkan nilai indeks SPBE pada Pemerintah Kabupaten Bandung dari 2,8 menjadi 3, serta menghasilkan dokumen rekomendasi perancangan personil, proses dan teknologi berdasarkan profil risiko proyek, dimana terdapat 14 risiko proyek negatif dan 7 risiko proyek positif. Kemudian menghasilkan rancangan personil berupa penambahan deskripsi kerja dan kompetensi SDM, hasil proses berupa kebijakan manajemen risiko proyek SPBE, Standar Operational Procedure (SOP) dan intruksi kerja serta hasil rancangan teknologi menghasilkan tools yang dapat digunakan dalam penerapan manajemen risiko proyek SPBE.

Kata Kunci : Pemerintah Kabupaten Bandung, PERMEN PANRB, SPBE, Manajemen Risiko Proyek, ISO 31000:2018, COBIT 5 for Risk.

Subjek

RISK MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN MANAJEMEN RISIKO PROYEK PADA SPBE/E-GOVERNMENT BERDASARKAN PERMEN PANRB NOMOR 5 TAHUN 2020 (STUDI KASUS: PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHOIROTUN NISA`
Perorangan
Rokhman Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini