PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PERBAIKAN LAYANAN ANGKUTAN UMUM DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING STUDI KASUS: ANGKUTAN UMUM KOTA BANDUNG

HANIF RAMADHAN ABDILLAH

Informasi Dasar

20.04.2511
005.432
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Angkutan umum adalah alat penggerak aktivitas manusia ketika tidak memiliki kendaraan pribadi. Aktivitas manusia pun tidak fokus ke salah satu tempat saja, melainkan ke beberapa tempat saja. Kota Bandung sendiri pun memiliki transportasi umum sebanyak 13,25% dari total keseluruhan kendaraan yang ada di Kota Bandung tersebut. Namun, penggunaan angkutan umum tersebut mengalami penurunan setidaknya mencapai 20% per tahunnya. Sehingga dari dampak penurunan minat angkot tersebut timbullah masalah baru, yaitu kemacetan di Kota Bandung tersebut. Tapi disisi lain peningkatan pengguna smartphone di Indonesia kian menaik. Sebanyak 31% penduduk di Indonesia sudah memiliki smartphone masing-masing. Peningkatan smartphone juga berdampak kepada peningkatan aplikasi smartphone tersebut. Setidaknya ada beberapa aplikasi yang sudah menjadi solusi dalam kemacetan di Indonesia ini. Tetapi, banyak di antaranya mengalami kekurangan.

Dari beberapa aplikasi yang sudah ada, penulis mendapatkan bahwa masih ada sebuah aplikasi yang memiliki kekurangan pada aplikasi tersebut. Fitur dan tampilan adalah masalah utama pada aplikasi tersebut. Berdasarkan data review yang didapatkan pada kolom komentar Google Play Store, setidaknya pengguna ingin adanya sebuah aplikasi yang mudah digunakan dan banyak fitur yang terintegrasi sehingga memudahkan pengguna yang ingin menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini tentu akan berguna bagi pengguna khususnya di Kota Bandung tersebut dalam menggunakan aplikasi transportasi umum. Penulis menargetkan bahwa aplikasi ini akan digunakan oleh beberapa pengguna yang ingin menggunakannya, seperti pengguna yang ingin berkeliling di Kota Bandung ataupun masyarakat ingin melakukan aktivitasnya untuk melakukan aktivitas kehidupan di Kota Bandung.

Aplikasi ini dikembangkan untuk pengguna Android. Metode yang akan digunakan pada penelitian kali ini adalah menggunakan metode Extreme Programming. Metode Extreme Programming merupakan metode pengembangan aplikasi yang efisien, cepat, dan fleksibel.

Dari hasil yang didapatkan aplikasi ini mampu memberikan suatu informasi rute angkot, pemesanan tiket angkutan umum sehingga penumpang dimudahkan dalam kesehariannya dengan menggunakan angkutan umum di Kota Bandung.

Kata Kunci: Transportasi umum, Sistem Informasi, Extreme Programming.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PERBAIKAN LAYANAN ANGKUTAN UMUM DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING STUDI KASUS: ANGKUTAN UMUM KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANIF RAMADHAN ABDILLAH
Perorangan
Rahmat Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini