PERANCANGAN USER INTERFACE PADA APLIKASI INFORMASI BERBASIS WEBSITE UNTUK TINDAKAN PERBAIKAN LAYANAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

LEO DIKKARDO SAGALA

Informasi Dasar

20.04.2514
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kota Bandung merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia dan menjadi ibu kota provinsi Jawa Barat. Kota Bandung juga memiliki beberapa moda angkutan umum yang melayani trayek di dalam kota Bandung sendiri atau lintas kota sekitar Bandung Raya.

Angkutan yang sering di gunakan oleh masyarakat kota Bandung adalah Angkutan Kota (Angkot) dan Bis Umum atau Damri. Menurut Dishub Jabar pada tahun 2016, berdasarkan data statistik penggunaan angkutan umum konvensional dalam kurun waktu 10 tahun kian menurun dari 40% menjadi 20%, sementara itu kemacetan di beberapa titik lokasi di kota Bandung semakin meningkat. Kurangnya minat masyarakat menggunakan angkutan umum karena informasi disetiap terminal rute angkutan umum khususnya di kota Bandung sangatlah minim, dan pada sebagian terminal tidak terdapat informasi sama sekali sehingga menyulitkan para pengguna angkutan umum. Maka dibutuhkannya sebuah platform untuk memberikan informasi seputar rute, jarak, estimasi waktu dan estimasi biaya dari setiap angkutan umum sehingga dapat membantu para pengguna angkutan umum.

Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah solusi rancangan user interface (UI) aplikasi informasi berbasis website yang diharapkan dapat membantu angkutan umum dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat.

Perancangan user interface aplikasi informasi angkutan umum ini yaitu menggunakan metode user centered design yang mana dapat memenuhi kebutuhan masyarakat atau pengguna dan System Usability Scale (SUS) sebagai standar dari usability pada aplikasi informasi angkutan umum yang akan dibuat. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan user interface pada aplikasi informasi berbasis website layanan angkutan umum di kota Bandung yang memiliki skor SUS sebesar 80,4 yang berarti dapat diterima (acceptable) oleh pengguna.

Kata Kunci : angkutan umum, user centered design, user interface, system usability scale

Subjek

USER INTERFACES
 

Katalog

PERANCANGAN USER INTERFACE PADA APLIKASI INFORMASI BERBASIS WEBSITE UNTUK TINDAKAN PERBAIKAN LAYANAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LEO DIKKARDO SAGALA
Perorangan
Rahmat Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini