Pengaruh Ukuran Pemerintah Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah terhadap Internet Financial Reporting (Studi Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Periode 2015-2018)

INDRIANI AZIS

Informasi Dasar

20.04.2526
657.661
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor publik merupakan sektor ekonomi daerah yang menyediakan layanan kepada masyarakat. Antara pemerintah dan masyarakat harus ada transparansi atas semua tindakan dan kewajiban yang dilakukan pemerintah. Pemerintah harus menyediakan informasi yang akurat, benar dan tidak menyesatkan. Pemerintah melakukan proses transformasi menuju e-government untuk penyelenggaraan pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan publik yang efektif dan efisien. Tingkat pengungkapan laporan keuangan atau transparansi merupakan hal yang penting agar tidak ada kesalahpahaman antar masyarakat dan pemerintah. Setiap pemerintah daerah harus transparansi terhadap masyarakan atas informasi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran pemerintah daerah, pendapatan asli daerah, dan belanja daerah terhadap internet financial reporting pemeritah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Variabel dependen dalam penelitian ini internet financial reporting. IFR merupakan pengungkapan atau pelaporan keuangan sektor publik dengan menggunakan situs resmi pemerintah (e-government). cc Ukuran pemerintah adalah jumlah aset yang dimiliki pemerintah. Pendapatan asli daerah merupakan sumber pendapatan dalam memenuhi belanja pada suatu derah. Belanja daerah merupakan pengeluaran yang dilakukan pemerintah dari rekening kas umum negara atau daerah yang mengurangi ekuitas dana lancar dalam periode tahunan dan tidak akan diperoleh pembayaran kembali oleh pemerintah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh Kabupaten/ Kota di Provinsi Provinsi Jawa Timur periode 2015-2018 dan jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan aplikasi Eviews untuk menganalisis data dan metode analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran pemerintah daerah, pendapatan asli daerah, belanja daerah berpengaruh secara simultan terhadap Internet Financial Reporting pada pemerintah daaerah di Provinsi Jawa Timur tahun 2015-2018. Secara parsial ukuran pemerintah daerah berpengaruh signifikan positif sedangkan pendapatan asli daerah, dan belanja daerah tidak berpengaruh terhadap internet financial reporting pada pemerintah daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2015-2018.

Kata kunci : Ukuran pemerintah daerah, Pendapatan asli daerah, Belanja daerah, Internet financial reporting

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
 

Katalog

Pengaruh Ukuran Pemerintah Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah terhadap Internet Financial Reporting (Studi Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Periode 2015-2018)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDRIANI AZIS
Perorangan
Dini Wahjoe Hapsari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini