Perancangan Ulang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DISPUSIPDA) Jawa Barat

FARAH MAHDIYAH

Informasi Dasar

20.04.2581
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PERANCANGAN ULANG DISPUSIPDA JAWA BARAT DENGAN PENDEKATAN PERILAKU PENGUNJUNG

Farah Mahdiyah

Jurusan Desain Interior, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom Bandung

Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung 40257 Indonesia. Telp: 088218019979 Email: farahmhdyh75@gmail.com

Abstrak

Pemerintah terus mengupayakan untuk memaksimalkan fasilitas-fasilitas dari perpustakaan dan mengajak warga untuk lebih sering datang ke perpustakaan untuk menunjang kuantitas membaca masyarakat Indonesia. Meskipun sejatinya, 71% dari 255 koresponden mengaku mereka lebih senang pergi ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan masing-masing ketimbang hanya meminjam buku..

DispusipdaJawaBaratyangterletakdiibukotaJawaBaratyaituBandung,tepatnyadiKecamatan Buah Batu merupakan salah satu perpustakaan paling lengkap yang ada di Jawa Barat, dengan koleksi buku mencapai 400 ribu eksemplar dan 100 ribu media rekam sehingga dikategorikan sebagai salah satu perpustakaan dengan koleksi paling lengkap di Jawa Barat menurut media.

Namun pada kenyataannya berdasarkan data yang dimiliki Kepala Perpustakaan Nasional menurut penelitian UNESCO, minat membaca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah, yaitu hanya sebesar 0,001% dari keseluruhan jumlah penduduk sehingga pemerintah terus mengupayakan cara untuk menarik minat baca masyarakat dengan berbagai strategi, seperti mengoptimalkan fungsi dan menyemarakkan sosialisai untuk datang ke perpustakaan.

Berbagai kalangan usia serta perbedaan perilaku dan kebiasaan para pengunjung juga menjadi acuan utama dalam melaksanakan perancangan ulang Dispusipda Jawa Barat ini.Denganpenciptaanperpustakaanyangnyamandanideal,diharapkan dapat memenuhi standar yang diajukan pengelola perpustakaan nasional sekurang-kurangnya 0,005% tiaptahunnya.

Kata Kunci: perpustakaan, ideal, Perilaku Pengunjung

Subjek

INTERIOR DESIGN OF LIBRARY
 

Katalog

Perancangan Ulang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DISPUSIPDA) Jawa Barat
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARAH MAHDIYAH
Perorangan
Doddy Friestya Asharsinyo, M Togar Mulya Raja
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini