PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SEKTOR JAMINAN SOSIAL NASIONAL (STUDI KASUS BPJS KETENAGAKERJAAN BANDUNG LODAYA)

SYIFA` PRI WIDYASTUTI

Informasi Dasar

20.04.2584
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum milik publik yang bertugas sebagai institusi yang menjalankan fungsi perlindungan sosial terhadap rakyat Indonesia dengan landasan hukum berdasarkan UU 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial. Penelitian ini dilakukan pada BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya yang berada pada wilayah II Jawa Barat. Kantor cabang sebagai perpanjangan cangkupan perusahaan agar dapat melayani dan memenuhi kebutuhan dari peserta (pengguna jasa BPJS Ketenagakerjaan) yang berada dari berbagi daerah. Salah satu tolak ukur dari keberhasilan strategi perusahaan adalah melalui kinerja karyawan. Beberapa faktor dapat mempengaruhi kinerja karyawan, seperti lingkungan kerja. Berdasarkan hasil wawancara, studi data-data sekunder, dan penyebaran kuisioner, ditemukan fenomena yang terjadi di perusahaan adalah kinerja karyawan fluktuatif dengan tingkat ketidakhadiran cenderung meningkat, dan lingkungan kerja yang dinilai belum memenuhi standar oleh karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari dan lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan secara simultan, parsial, langsung dan tidak langsung pada perusahaan. Sehingga dapat dibentuk saran untuk usaha perbaikan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan sampel jenuh atau populasi dengan menyebarkan kuisioner kepada 36 karyawan BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya. Untuk menginterpretasikan hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif, Method Of Succesive Interval (MSI), Uji asumsi klasik, koefisien determinasi dan analisi jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi lingkungan kerja fisik berpredikat “sangat baik”, lingkungan kerja non fisik berpredikat “baik” dan kinerja karyawan bepredikat “sangat memuaskan”. Lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan. Pada analisis jalur diketahui lingkungan kerja fisik berpengaruh total 55% dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh total 29,7% pada kinerja karyawan.Adanya pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik pada kinerja karyawan maka dari itu untuk meningkatkan kinerja karyawan perusahaan dapat memperbaiki lingkungan kerja pada perusahaan agar dapat meningkatkan faktor variabel lain.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Kinerja Karyawan, Analisis Jalur.

Subjek

Human resource management
 

Katalog

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SEKTOR JAMINAN SOSIAL NASIONAL (STUDI KASUS BPJS KETENAGAKERJAAN BANDUNG LODAYA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYIFA` PRI WIDYASTUTI
Perorangan
Dian Indiyati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini