Dunia perbankan saat ini sudah mengalami berbagai inovasi melalui teknologi modern. Tujuan berbagai inovasi tersebut adalah untuk memberikan pelayanan terbaik sebagai pendukung bagi kebutuhan masyarakat. E-Money merupakan alternatif alat pembayaran non tunai khususnya untuk pembayaran mikro sampai dengan ritel dalam perdagangan.
Saat ini perkembangan instrumen pembayaran non tunai berjalan sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi sistem pembayaran yang membawa dampak yang besar terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam sistem pembayaran tersebut. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini.
Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kuantitatif. Berdasarkan jenis tujuannya penelitian ini menggunakan tujuan deskriptif dan asosiatif. Penelitian ini tipe penyelidikannya adalah penelitian Korelasional. Dalam desain penelitian studi setting, penelitian ini menggunakan Non-Contrived Setting.
Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung yang menggunakan OVO, dengan jumlah orang sejumlah 400 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis yang bernama Structural Equation Modeling (SEM). SEM merupakan teknik analisis multivariat yang melibatkan indikator-indikator pada suatu variabel dan model struktural
Berdasarkan uji Hipotesis, Convenience Benefit memiliki pengaruh positif terhadap Attitudes Towards Using Mobile Payment Services, Economic Benefit memiliki pengaruh positif terhadap Attitudes Towards Using Mobile Payment Services, Information Security Benefit memiliki pengaruh positif terhadap Attitudes Towards Using Mobile Payment Services, Enjoyment Benefit memiliki pengaruh positif terhadap Attitudes Towards Using Mobile Payment Services, Experiential Benefit memiliki pengaruh positif terhadap Attitudes Towards Using Mobile Payment Services, dan Social Benefit memiliki pengaruh positif terhadap Attitudes Towards Using Mobile Payment Services. Peneliti menemukan juga bahwa Attitudes Towards Using Mobile Payment Services memiliki pengaruh terhadap Intention To Use. Peneliti menemukan Technology Anxiety memiliki pengaruh negatif terhadap Benefit Of Mobile Payment Service, dan Social Influence memiliki pengaruh positif terhadap Benefit Of Mobile Payment Service.
Kata Kunci: Benefit of Mobile Payment Service, E-Money, OVO, Social influence, Technological Anxiety