PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODULASI DIGITAL (ASK, FSK, BPSK) BERBASIS AUGMENTED REALITY

RIZ-RIZ RAHMAT TAUFIK

Informasi Dasar

20.06.286
006.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

    Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut ke dalam waktu nyata. Laboratorium Sistem Komunikasi merupakan sarana yang sangat penting sebagai penunjang pembelajaran praktikum, khususnya praktikum mata kuliah sistem komunikasi yang rata-rata memerlukan visualisasi sinyal seperti dalam modulasi digital ASK, FSK dan BPSK yang terkadang mengalami kendala pada alat praktikum yang digunakan dan harus segera mencari jalan keluarnya.
    Pada proyek akhir ini dibuat sebuah aplikasi berbasis teknologi augmented reality menggunakan software Unity3D yang dapat diinstal pada smartphone android. Aplikasi ini dapat menampilkan bentuk objek keluaran berupa sinyal modulasi ASK, FSK, BPSK yang dibuat menggunakan software Adobe Illustrator, dan model kit praktikum sistem komunikasi dengan kode 2807 yang dibuat menggunakan software Blender, dengan cara merekam sebuah marker yang telah ditentukan menggunakan kamera pada smartphone android. Ketika kamera merekam marker maka sistem pada aplikasi akan merender dan mencocokan marker dengan objek keluaran tersebut. Disamping objek keluaran terdapat sebuah tombol yang dapat ditekan untuk kemudian aplikasi dapat menampilkan objek keluaran dengan kelompok bit yang berbeda. 

Berdasarkan hasil pengujian, semua fungsi 100% berjalan dengan baik. Dengan nilai MOS rata-rata yang didapat 3,553 untuk tampilan aplikasi AR, nilai MOS 3,510 untuk fungsi aplikasi AR dan nilai MOS 3,595 untuk manfaat aplikasi AR. Sistem mampu mengeluarkan objek keluaran berupa sinyal modulasi ASK, FSK, BPSK dari masing-masing bit 11001010 dan bit 10010011 dengan menunjukkan nilai Vmax = 5 dan Vmin = -5. Perekaman marker oleh sistem dapat dilakukan pada jarak 6 – 100 cm untuk ukuran marker 10 x 10 cm. Dalam Intensitas cahaya keadaan terang proses perekaman marker menjadi optimal k, dalam keadaan intensitas cahaya yang gelap sistem tidak dapat merekam marker. Adapun sudut untuk merekam marker yang baik menunjukkan 45?. Pada kemiringan marker 90? hasil objek sinyal telah terjadi perubahan phasa 180? yang artinya menunjukkan hasil yang salah. Aplikasi AR mampu bekerja dengan baik pada smartphone android. Dari pengujian delay oleh aplikasi AR menghasilkan rata-rata delay keseluruhan sebesar 1.935 detik. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil pengujian delay yang bervariasi, mulai dari 0.50 sampai 5.00 detik.

Kata Kunci: Augmented Reality, Modulasi Digital, Kit Praktikum Modulasi Digital.

Subjek

MULTIMEDIA-DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODULASI DIGITAL (ASK, FSK, BPSK) BERBASIS AUGMENTED REALITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZ-RIZ RAHMAT TAUFIK
Perorangan
Tri Nopiani Damayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini