PENGARUH JUMLAH LIGHT EMITTING DIODE (LED) PADA AKURASI SISTEM POSITIONING INDOOR BERBASIS VISIBLE LIGHT COMMUNICATION (VLC)

MIFTAKHUL MEILIANA RAHMAWATI

Informasi Dasar

20.04.2644
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu teknologi yang digunakan pada Visible Light Communication (VLC) adalah penggunaan Light Emitting Diode (LED) sebagai sumber cahaya pada sistem indoor positioning dengan metode Received Signal Strength (RSS). Sistem penentuan posisi menggunakan VLC dapat memberikan lokasi lebih akurat daripada Global Positioning System (GPS) dan berguna untuk mencari posisi benda dalam ruangan dengan ukuran kecil.

Tugas Akhir ini melakukan deteksi terhadap random point berdasarkan besar daya sinyal yang diterima oleh detektor pada ruangan 5x5x3 meter kubik. Tugas Akhir ini melakukan beberapa skenario simulasi berdasarkan jumlah LED. Skenario pertama menggunakan 4 LED, skenario kedua menggunakan 6 LED dan skenario ketiga menggunakan 8 LED. Detektor berjumlah 25 buah yang tersebar secara random.

Hasil simulasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin banyak LED yang digunakan, maka semakin tinggi akurasi deteksi posisi yang diperoleh. Skenario dengan 8 LED memberikan peningkatan pendeteksian random point dari terdeteksi sebanyak 18 point menjadi 24 point yang memiliki penurunan positioning error dari 0.51 meter menjadi 0.08 meter atau peningkatan akurasi dari 72.22% menjadi 96.62%.

Subjek

OPTICAL COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH JUMLAH LIGHT EMITTING DIODE (LED) PADA AKURASI SISTEM POSITIONING INDOOR BERBASIS VISIBLE LIGHT COMMUNICATION (VLC)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIFTAKHUL MEILIANA RAHMAWATI
Perorangan
NACHWAN MUFTI A. BRIAN PAMUKTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini