ANALISIS KINERJA SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK DIBAWAH AIR DENGAN OPTICAL CONCENTRATOR

MIUHAMMAD FAUZAN

Informasi Dasar

20.04.2650
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UVLC memiliki beberapa tantangan, yaitu nilai eksponensial koefisien atenuasi air dan keterbatasan bandwidth pada sumber cahaya. Tugas Akhir ini mempertim- bangkan penggunaan optical concentrator pada photodetector yang berfungsi untuk memusatkan dan mengumpulkan cahaya yang masuk ke receiver sehingga semakin banyak daya yang diterima dalam jangkauan komunikasi.

Tugas Akhir ini menggunakan dua skenario penelitian diantaranya, skenario I menganalisis kinerja sistem UVLC tanpa penambahan optical concentratror meng- gunakan dua jenis modulasi On Off Keying (OOK), yakni OOK - Non Return to Zero (OOK-NRZ) dan OOK-Return to Zero (OOK-RZ), sedangkan, skenario II memban- dingkan kinerja sistem UVLC dengan dan tanpa penambahan optical concentrator. Kedua skenario tersebut akan diuji berdasarkan parameter jarak, daya terima, Signal to Noise Ratio (SNR) terhadap Bit Error Rate (BER).

Tugas Akhir ini menghasilkan analisis bahwa penambahan optical concentrator pada skenario II menghasilkan daya terima dan nilai SNR yang lebih baik daripada skenario I. Hal ini terbukti ketika dengan menggunakan optical concentrator pada photodetector memberikan peningkatan daya terima sebesar 165 % dan memberik- an peningkatan nilai SNR sebesar 59 %. Dapat disimpulkan bahwa penambahan optical concentrator menghasilkan kinerja yang lebih baik

Kata Kunci : UVLC, Optical Concentrator, OOK-NRZ,OOK-RZ, SNR, BER.

Subjek

Optical communications
 

Katalog

ANALISIS KINERJA SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK DIBAWAH AIR DENGAN OPTICAL CONCENTRATOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIUHAMMAD FAUZAN
Perorangan
Kris Sujatmoko, Rizky Satria
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini