PROTOTIPE PENDETEKSI JARAK MENGGUNAKAN KAMERA SMARTPHONE DAN LASER DENGAN MODEL WARNA HSV

MUHAMMAD SYAHRIL SABIRIN

Informasi Dasar

20.04.2812
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Proses pengukuran jarak merupakan hal yang cukup mudah dilakukan dalam era digital seperti saat ini, namun beberapa kondisi terkadang menghambat prosesnya. Beberapa penghambatnya adalah kondisi gelap dan objek ukur yang sulit dijangkau. Untuk menjawab permasalahan tersebut, pada Penelitian Tugas Akhir ini akan dibuat prototipe pendeteksi jarak dengan memanfaatkan model warna HSV dan LASER yang dikonfigurasikan dengan kamera smartphone.

Dalam penelitian ini digunakan rumus regresi linier untuk menghasilkan formula yang akan digunakan pada aplikasi. Selain itu, dibuat juga sebuah algoritma mendeteksi jarak yang disorot oleh pancaran cahaya LASER. Algoritma tersebut dituangkan ke dalam aplikasi Android yang berbasis GUI.

Keluaran dari aplikasi ini berupa teks yang menampilkan hasil deteksi jarak dari pengambilan gambar yang diolah pada aplikasi Android. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu prototipe ini hanya dapat menjangkau jarak yang pendek, yaitu berkisar 51 sampai 296 cm untuk objek berwarna terang, sementara pada objek berwarna gelap berkisar 39 sampai 164 cm. Aplikasi memiliki akurasi yang kurang baik sebagai alat ukur, karena memiliki RMSE sebesar 10,86 cm untuk benda gelap sedangkan untuk benda terang sebesar 28,50 cm.

Kata Kunci: deteksi jarak, RMSE, HSV, android, GUI, LASER, smartphone.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

PROTOTIPE PENDETEKSI JARAK MENGGUNAKAN KAMERA SMARTPHONE DAN LASER DENGAN MODEL WARNA HSV
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD SYAHRIL SABIRIN
Perorangan
RITA MAGDALENA, EKO SUSATIO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini