Augmented Reality (AR) adalah teknologi nyata secara tiga dimensi yang menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata dan pengguna dapat berinteraksi secara real-time dengan sistem. Studi kasus yang dipilih yaitu Sekolah Dasar Cendekia Muda dalam mata pelajaran Fiqih untuk kelas 1 yaitu bab shalat materi posisi shalat berjamaah di berbagai kondisi. SD Cendekia Muda hanya mempunyai alat bantu yang digunakan Guru Tim PAI SD berupa video yang diambil dari youtube dalam menjelaskan materi simulasi posisi shalat berjamaah sehingga tidak ada panduan tersendiri yang dimiliki oleh guru. Salah satu sistem operasi yang digunakan oleh smartphone adalah android. Android dapat digunakan sebagai media edukasi serta pengguna dengan mudah dapat menginstal aplikasi dari market App dan dari sumber yang tidak dipercaya. Oleh karena itu, dibutuhkan alat bantu untuk membantu Guru Tim PAI SD Cendekia Muda dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqih mengenai posisi shalat berjamaah kepada siswa/i saat berada di rumah yaitu aplikasi berbasis android berupa Augmented Reality Simulasi Posisi Shalat Berjamaah.
Kata kunci: Augmented Reality, Android, shalat, alat bantu, simulasi posisi shalat berjamaah.