Dalam membangun sebuah aplikasi, konten yang ada dalam aplikasi harus diperhatikan karena hal tersebut bertugas sebagai penghubung antara pengguna dengan informasi yang terdapat dalam aplikasi tersebut sehingga dapat menarik perhatian pengguna. Namun dikarenakan rentang perhatian anak-anak sangat pendk, diperlukan media yang dapat menarik anak-anak untuk menggunakan aplikasi tersebut serta dapat menyampaikan materi yang diajarkan secara jelas. Penelitian dengan judul “Perancangan Animasi 2D Materi Pembelajaran Shalat pada Aplikasi Berbasis Android”, memiliki rumusan masalah Bagaimana cara menarik perhatian user dan memotivasi pengguna untuk belajar Shalat dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk Dengan cara merancang animasi 2D praktek Shalat untuk materi pembelajaran pada aplikasi “Yuk Belajar Shalat” sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Yang terdiri dari tahap Pre-Production, Production dan Post-Production. Tahap Pre-Production meliputi Concept dan Design seperti merancang ide, konsep, storyboarding, dan pembuatan desain karakter. Tahap Production yang meliputi Material Collecting dan Assembly yaitu pembuatan Key Animation, In-Between, Background. Dan tahap Post-Production yang meliputi Testing dan Distribution. Tipe animasi yang digunakan pada materi aplikasi “Yuk Belajar shalat” ada dua yaitu bone animation dan frame-by-frame animation. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode purposive sampling, beta testing, dan skala likert. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi dari 3 reponden, didapatkan rata-rata hasil pengujian yaitu 79,75%.