PERANCANGAN GPS TRACKING UNTUK PENYEWAAN KENDARAAN BERMOTOR

YUNANDA PRATAMA

Informasi Dasar

10 kali
20.06.309
621.391 6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Peningkatan jumlah penggunaan sepeda motor merupakan salah satu faktor maraknya kejahatan pencurian motor. Berbagai macam bentuk kejahatan pencurian motor, baik yang berada di jalanan, saat di parkiran, ataupun pada saat motor sedang disewakan. Tindak pencurian sepeda motor ini dikarenakan oknum yang tidak bertanggung jawab dan juga lemahnya pengawasan keamanan terhadap sepeda motor, karena pada umumnya sepeda motor belum dilengkapi dengan perangkat GPS. Dalam penggunaan GPS untuk sepeda motor yang ada saat ini, masih terbilang mahal dan belum optimal. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menemukan alat yang akan lebih optimal, namun masih bisa dijangkau oleh masyarakat. Penerapan teknologi Internet of Things dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan pemantauan terhadap sepeda motor.

Sistem pemantauan sepeda motor pada penelitian ini dikembangkan melalui teknologi Internet of Things yang diimplementasikan menggunakan arduino, modul GPS, modul GSM/GPRS, regulator, buzzer, dan firebase untuk melakukan monitoring. GPS akan menjadi tolak ukur positioning sepeda motor. Sistem ini akan mengirimkan pesan dalam bentuk longitude dan latitude ke firebase yang nantinya akan diproyeksikan ke dalam website. Sehingga, admin akan mengetahui lokasi dari sepeda motor tersebut. Sistem ini juga menggunakan buzzer sebagai media notifikasi untuk memberikan peringatan kepada pengguna agar segera mengembalikan sepeda motor yang disewa ketika telah melewati batas waktu penyewaan.

Alat ini dirancang khusus untuk mampu mengatasi permasalahan kehilangan sepeda motor. Adapun tingkat akurasi rata-rata yang dihasilkan dari alat ini yaitu 83% berdasarkan perbandingan hasil longitude dan latitude yang didapatkan dari GPS Mobile Phone. Dari hasil pengujian, data ditampilkan pada firebase dengan delay atau lamanya pengiriman data rata- rata yaitu 4 detik.

Kata Kunci : Arduino, GPS, GPRS, internet of things, sepeda motor.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN GPS TRACKING UNTUK PENYEWAAN KENDARAAN BERMOTOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUNANDA PRATAMA
Perorangan
Dadan Nur Ramadhan, Tri Nopiani Damayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini