Pasar Modern Batununggal Indah Bandung merupakan salah satu pasar tradisional
yang dikelola dan berkonsep modern pertama dan terbesar di Bandung. Posisinya
berada didalam kawasan pemukiman elite yang terdiri dari 294 unit lapak, 429 unit
kios, dan 130 unit ruko di Batununggal Indah. Pasar ini menyediakan berbagai macam
kebutuhan pokok, keperluan sehari-hari dan rumah tangga, seperti sayur mayur, daging,
ikan, pakaian, alat elektronik, apotek, hingga wisata kuliner. Kenyamanan, keamanan,
dan kebersihan menjadi slogan dari pasar ini sehingga penjual dan pembeli dapat
merasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Akan tetapi di Pasar Modern
Batununggal Indah Bandung masih sangat minim fasilitas untuk melakukan aktivitas
berbelanja yang dikhususkan untuk pengunjung yang bertujuan pergi ke Pasar Modern
Batununggal Indah untuk berbelanja sehingga menyebabkan pengunjung merasa
kesusahan untuk membawa barang belanjaannya ketika ingin berbelanja kekios lainnya,
sehingga diperlukan fasilitas untuk aktivitas belanja berupa troli belanja yang bisa
digunakan oleh para pengunjung yang kebutuhannya bisa disesuaikan dengan
pengunjung. Perancangan ini bertujuan untuk membuat fasilitas berbelanja untuk
pengunjung berdasarkan aspek pengguna. Metode yang digunakan dalam perancangan
ini ialah metode kualitatif berupa obeservasi, wawancara, dan data terkait. Metode
untuk pembuatan fasilitas berbelanja menggunakan Human Centered Design yang
sesuai dengan kebutuhan, kebiasaan, dan kapabilitas manusia. Hasil observasi yang
dilakukan yaitu pengguna untuk fasilitas berbelanja adalah pengunjung belanja yang
mempunyai keluhan dan kesulitan saat melakukan aktivitas belanja di Pasar Modern
Batununggal Indah, sehingga dapat memberikan kemudahan untuk membawa barang
belanjaan dari hasil produk yang tepat guna untuk pengunjung
Kata Kunci: Pengunjung Pasar, Fasilitas Berbelanja