PENGARUH FRAUD PENTAGON TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN F-SCORE MODEL (Studi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate dan Konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018)

AKHMAD MUJAHID NURROHMAN

Informasi Dasar

20.04.2916
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bermunculannya kasus kecurangan dalam pelaporan keuangan yang terjadi di Indonesia dapat menjadi salah satu bukti bahwa adanya kegagalan audit atas laporan keuangan. Dalam hal ini, fungsi auditor eksternal dinilai kurang maksimal karena belum mampu mendeteksi dan mencegah adanya kecurangan yang dilakukan oleh perusahaan. Bahkan dalam beberapa kasus dewan direksi juga terlibat dalam aksi kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori Fraud Pentagon dengan faktor tekanan eksternal, stabilitas keuangan, ketidakedefektifan pengawasan, total akrual, pergantian direksi dan frekuensi kemunculan gambar CEO terhadap pendeteksian kecurangan laporan keuangan pada Sektor Properti, Real Estate dan Konstruksi yang terdaftar di BEI tahun 2016–2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan. Populasi dalam penelitian adalah Sektor Properti, Real Estate dan Konstruksi. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 51 perusahaan dengan periode 2016–2018. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software EViews 10. Berdasarkan hasil pengujian, fraud pentagon secara simultan berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Secara parsial dapat disimpulkan bahwa variabel tekanan yang diproksikan dengan perbandingan perubahan aset (ACHANGE) berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan, rasionalisasi yang diproksikan dengan rasio total akrual terhadap total aset (TATA) berpengaruh negatif terhadap kecurangan laporan keuangan. Selain itu, variabel lain dari tekanan, kesempatan, kemampuan dan arogansi tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH FRAUD PENTAGON TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN F-SCORE MODEL (Studi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate dan Konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKHMAD MUJAHID NURROHMAN
Perorangan
DINI WAHJOE HAPSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini