Promosi merupakan faktor penting dalam mewujudkan tujuan penjualan suatu perusahaan. Promosi mempengaruhi sikap dan kesukaan konsumen dalam memilih produk suatu perusahaan, serta untuk memotivasi konsumen untuk mengambil tindakan positif yaitu melakukan keputusan pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi melalui media sosial Instagram terhadap proses keputusan pembelian Smartphone Apple di Kalangan Mahasiswa Universitas Telkom.
Promosi termasuk dalam bauran pemasaran yang berarti promosi adalah salah satu alat untuk memasarkan barang kepada konsumen agar konsumen membeli barang dan terjadi pembelian berulang pada barang tersebut.
Objek penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Telkom yang menggunakan Smartphone Apple. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari promosi melalui media sosial Instagram terhadap proses keputusan pembelian smartphone iPhone di Kalangan Mahasiswa Universitas Telkom. Pengaruh yang didapatkan yaitu sebesar 47.9%.
Berdasarkan analisis tanggapan responden mengenai variabel promosi yang diteliti, secara umum saran yang diberikan untuk Apple adalah mengenai personal relevance.