Setiap pemerintah daerah tentunya memiliki visi dan tujuan dalam pengelolaan
daerah, termasuk hal yang berkaitan dengan pembangunan daerah. Kebijakan
pembangunan daerah berdasarkan karakteristik daerah itu sendiri. Termasuk yang
terjadi di daerah Kabupaten Sumedang. Kabupaten Sumedang yang memiliki
potensi daerah yang dapat digali baik dalam bentuk Sumber Daya Alam (SDA),
Pariwisata, Pertanian dan Kebudayaan. Tidak hanya potensi daerah, terdapat
dinamika dan problematika yang menjadi isu strategis di Kabupaten Sumedang,
maka dari itu Bupati Sumedang memiliki visi Sumedang Simpati 2023. Dalam
mewujudkan visi tersebut perlu diadakannya kegiatan sosialisasi kepada
masyarakat. Bagian Humas Pemkab Sumedang berperan dalam kegiatan sosialisasi
maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mengungkapkan strategi
komunikasi yang dilakukan oleh bagian Humas Pemkab Sumedang dalam
mensosialisasikan visi Sumedang Simpati. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan berdasarkan landasan teori tahapan
penetapan strategi komunikasi dari Cangara. Dari hasil penelitian ini diketahui
Bagian Humas melakukan strategi komunikasi secara runtut dan terstruktur melalu
perumusan visi dan melakukan perencanaan komunikasi hingga melakukan
tahapan strategi komunikasi yang dimulai dari memilih dan menetapkan
komunikator, menentukan target sasaran , menyusun pesan yang disampaikan,
memilih pesan, memilih media, hingga evaluasi kegiatan sosialisasi. Dari hasil
evaluasi tersebut masyarakat Kabupaten Sumedang mengetahui dan memahami
Visi Sumedang Simpati
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Visi, Bagian Humas, Sumedang