PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYWAN (STUDI PADA UPTD PUSKESMAS CIBATU KABUPATEN PURWAKARTA)

ZELDIE ROFIIF ABIGAIL

Informasi Dasar

20.04.2987
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Cibatu Kabupaten Purwakarta merupakan unit pelayanan kesehatan yang memiliki tujuan sebagai katalisator untuk mewujudkan perubahan dalam pelayanan serta keberhasilan pemberdayaan. Oleh karena itu kinerja dari karyawan UPTD Puskesmas Cibatu Kabupaten Purwakarta diharapkan baik agar dapat mencapai target puskesmas. Berdasarkan teori kinerja, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja salah satunya adalah lingkungan kerja. Lingkungan kerja dibagi menjadi dua bagian yaitu lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan di UPTD Puskesmas Cibatu Kabupaten Purwakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis sampel jenuh untuk mengumpulkan sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner kepada 68 responden sebagai sampel dan populasi. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS25. Dalam menjelaskan hasil penelitian, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji asumsi klasik. Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja fisik di UPTD Puskesmas Cibatu Kabupaten Purwakrta termasuk dalam kategori baik. Kemudian untuk kinerja karyawan UPTD Puskesmas Cibatu Kabupaten Purwakrta termasuk dalam kategori baik. Hasil uji regresi bahwa lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Besar pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan UPTD Puskesmas Cibatu Kabupaten Purwakrta adalah sebesar 28,2%, sisanya sebesar 71,8% variabel dependen dipengaruhi oleh faktor lain selain lingkungan kerja yang tidak peneliti libatkan dalam penelitian ini. UPTD Puskesmas Cibatu Kabupaten Purwakarta perlu melakukan sesuatu untuk meningkatkan lingkungan kerja fisik dan non fisik dengan memperhatikan pertukaran udara, suara/kebisingan dari luar, dan hunungan dengan atasan.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Kinerja Karyawan, analisis jalur, uji asumsi klasik

Subjek

Management - human resource
 

Katalog

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYWAN (STUDI PADA UPTD PUSKESMAS CIBATU KABUPATEN PURWAKARTA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZELDIE ROFIIF ABIGAIL
Perorangan
FETTY POERWITA SARY
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini