Storytelling adalah sebuah teknik atau kemampuan untuk menceritakan
sebuah kisah, Storytelling adalah sebuah teknik atau kemampuan untuk
menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, serta dialog. Pendidikan karakter
adalah pendidikan yang melibatkan aspek teori pengetahuan. Komunikasi
pendidikan adalah proses komunikasi yang terjadi dalam kegiatan belajar dengan
memberikan pemahaman teori atau praktik atas materi yang disampaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana implementasi komunikasi
pendidikan untuk meningkatkan pendidikan karakter anak usia 6-12 tahun melalui
metode storytelling (analisis program komunitas Arsa Bandung). Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah anakanak usia 6-12 yang belajar di komunitas Arsa Bandung. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan
informan dan dokumentasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui 3 proses
yaitu reduksi data, proses penyajian data dan proses menarik kesimpulan. Hasil
penelitian yang diperoleh terdiri dari 5 hal yaitu komunikasi, komunikasi
pendidikan, pendidikan karakter, karakter usia 6-12 tahun dan metode storytelling
yang didasarkan pada pendapat informan kunci, informan ahli dan informan
pendukung. Proses implementasi komunikasi pendidikan pada anak usia 6-12
tahun melalui metode storytelling yang telah dilakukan oleh komunitas Arsa
Bandung adalah melalui program-program yang diselenggarakannya yaitu “Aku
Ceria”, “Cita-Citaku” dan program “SAFE” (Sharing And Fun Education).
KATA KUNCI: Komunikasi Pendidikan, Pendidikan Karakter, Metode
Storytelling, Komunitas Arsa Bandung, Anak Usia 6-12 Tahun.