STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA PERUSAHAAN PT. SAMI AJI TEKSTIL DI BANDUNG

ADITYA ANTO PRATAMA

Informasi Dasar

96 kali
20.04.3003
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul Strategi Pengembangan Usaha Pada Perusahaan PT. Sami Aji Tekstil di Bandung. Perkembangan industri tekstil dan produk tekstil yang meningkat pesat dan adanya peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan domestik yang besar akan tetapi hal tersebut masih belum bisa dipenuhi oleh produsen maka dari itu peluang usaha dalam industri ini semakin besar juga dan memungkinkan bermunculan para pelaku usaha baru. Sehingga dibutuhkan penyusunan strategi untuk menghadapi persaingan diantara perusahaan tekstil dan produk tekstil lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi bisnis PT. Sami Aji Tekstil dan memperoleh hasil perumusan strategi yang dapat diterapkan perusahaan. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu mix method, untuk kualitatif dilakukan wawancara kepada pihak eksternal dan internal sebanyak 7 narasumber dan untuk kuantitatif berupa kuesioner untuk strategi pada matriks QSPM. Tahapan pertama yang dilakukan adalah audit eksternal dan internal, dilanjutkan dengan perhitungan bobot menggunakan matriks EFE dan IFE, lalu tahapan pencocokan menggunakan matriks SWOT, dan tahap penentuan strategi menggunakan matriks QSPM. Berdasarkan hasil penelitian, matriks SWOT dapat diperoleh empat hasil perumusan strategi bagi perusahaan PT. Sami Aji Tekstil yaitu: (1) Ikut bersaing dalam pasar Business to Customer (B2C), (2) Melakukan penelitian pasar dan mengembangkan produk untuk ikut bersaing di pasar Business to Customer (B2C), (3) Membuat produk khusus sesuai dengan klasifikasi umur konsumen dan sesuai dengan kemampuan beli konsumen, dan yang terakhir (4) Mengembangkan sistem informasi perusahaan. Tahap keputusan mendapatkan strategi penelitian dan pengembangan. Strategi rekomendasi bagi perusahaan PT. Sami Aji Tekstil adalah mengembangkan sistem informasi perusahaan guna meningkatkan kualitas pelayanan dan informasi bagi konsumen.

Kata kunci: Matriks SWOT, Matriks QSPM, Strategi.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA PERUSAHAAN PT. SAMI AJI TEKSTIL DI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADITYA ANTO PRATAMA
Perorangan
SISKA NOVIARISTANTI, TRI DJATMIKO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini