PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DRIVER GO-JEK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN GO-FOOD

SHASA BERLIAN ANGGRAENI

Informasi Dasar

49 kali
20.04.3033
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan driver gojek terhadap keputusan pembelian layanan Go-food dikalangan mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Telkom Bandung.Saya memilih objek penelitian ini karena menurut saya dengan adanya teknologi memudahkan masyarakat yang kurang mengerti dengan kemajuan teknologi yang ada menjadi mengerti dengan adanya aplikasi Go-food, sehingga mempermudah masyarakat dalam memesan makanan. Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini adalah pelayanan yang diterima di Go-food sedikit kurang enak misal banyak driver minta cancel dengan alasn yang beragam yang membuat akun pelanggan diblokir sementara dan harus menunggu 1 jam, makin jaranga da promo, berbelanja memakai gopay disalah satu mitra, saldonya terpotong tapi transaksi gagal, biaya langganan Paylater yang semakin mahal, tidak mendapatkan point padahal melakukan transaksi diaplikasi gojek, nomor driver tidak bisa dihubungi, penanganan masalah lambat.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan penelitian deskriptif dan kausal yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 30 orang mahasiswa dengan sampel 400 yang di deskripsikan menurut jenis kelamin, fakultas/jurusan, nim, dan umur.Penelitian ini menggunakan skala ordinal/likert dengan teknik analisis data deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Dengan menggunakan dua variabel, yaitu variabel kualitas pelayanan sebagai variabel independent(bebas) dengan menggunakan lima indikator penelitian,yaitu Keandalan(Realibility), Cepat Tanggap(Responsiveness), Jaminan(Assurance), Berwujud (Tangible). Dan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel dependent(terikat) dengan menggunakan lima indikator penelitian yaitu Pengenalan Masalah(Problem Recognition), Pencarian Informasi( Information Search), Mengevaluasi Alternatif (Evaluation of Alternative), Perilaku setelah pembelian (Post Purchase Behavior). Persamaan regresi pada penelitian ini adalah Y=1,417 +0,536 X. Berdasarkan hasil analisis sederhana didapatkan korelasi yakni 0,558. Koefisien regresi tersebut bernilai positif yang berarti Kualitas Pelayanan Driver Go-jek memberikan pengaruh positif terhadap Proses Keputusan Pembelian Layanan Go-Food(semakin tinggi/kuat Kualitas pelayanan Driver Go-jek, maka semakin meningkat Proses Keputusan Pembelian Layanan Go-Food). Hal ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Driver Go-jek memberikan pengaruh sebesar 31,1 % terhadap Proses Keputusan Pembelian Layanan Go-Food, sedangkan sisanya sebesar 68,9 % Keputusan pembelian Layanan Go-Food dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Hubungan, Indikator dan Kuantitatif

Subjek

SERVICE MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DRIVER GO-JEK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN GO-FOOD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHASA BERLIAN ANGGRAENI
Perorangan
Pramitha Auilia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini