EFEKTIFITAS MEDIA CETAK INTERNAL TABLOID ‘KONTAK’ SEBAGAI SARANA INFORMASI PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)

MARIA AGUSTINA JUDITH LAKSMITHA SARI

Informasi Dasar

199 kali
20.04.3048
659.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media komunikasi merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah dalam proses berkomunikasi. Penerbitan media korporasi/media internal atau organisasi merupakan salah satu bentuk kegiatan komunikasi antara dua pihak yang berhubungan, yaitu antara korporasi-organisasi dan pembaca. Public Relations PT KAI (Persero) menggunakan beberapa media internal sebagai pemenuh informasi bagi karyawannya dalam bentuk cetak dan elektronik. Adapun media cetak yang digunakan yaitu buletin atau tabloid Kontak. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa efektif media cetak internal tabloid ‘Kontak’ sebagai kebutuhan informasi bagi karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di kantor pusat Bandung. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan serta menjelaskan Efektivitas Media Cetak Internal Tabloid ‘Kontak’ Sebagai Sarana Informasi PT Kereta Api Indonesia (Persero). Variabel peneilitian ini adalah efektivitas media cetak terdiri dari dimensi penerima, isi, ketepatan waktu, media, format, dan sumber. Sampel berjumlah 97 orang dengan random sebagai teknik pengambilan sampling. Analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan media cetak internal tabloid ‘Kontak’ sebagai kebutuhan sumber informasi intenal bagi karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di kantor pusat Bandung sudah menjadi salah satu sumber informasi yang baik bagi karyawan di PT Kereta Api Indonesia (Persero). Tabloid ‘Kontak’ bisa menjadi sarana yang baik dalam penyajian informasi yang dibutuhkan karyawan dalam mencari informasi yang terbaru karena memberikan infomasi tentang apa yang terjadi perusahaan. Media cetak internal tabloid ‘Kontak’ sebagai kebutuhan informasi bagi karyawan sudah efektif dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh karyawan. Secara keseluruhan variabel efektivitas media cetak internal berada pada kriteria baik. Disarankan agar Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia dapat lebih kreatif dan inovatif lagi dalam penyajian informasi dalam yang diberikan dalam bentuk softfile agar informasi yang diberikan lebih efektif lagi serta tidak terkesan monoton atau sama saja seperti edisi sebelumnya.

Kata kunci : media internal, efektifitas, kebutuhan informasi, dimensi penerima, isi, ketepatan waktu, format, dan sumber.

Subjek

MEDIA-PUBLIC RELATIONS
 

Katalog

EFEKTIFITAS MEDIA CETAK INTERNAL TABLOID ‘KONTAK’ SEBAGAI SARANA INFORMASI PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARIA AGUSTINA JUDITH LAKSMITHA SARI
Perorangan
RANA AKBARI FITRIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini