Chingu korean fan café Sawunggaling merupakan café dengan konsep korea dan saat ini
menjadi café yang sedang nge-trend di kota Bandung pada khususnya. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Store Atmosphere Dan Electronic Word Of
Mouth terhadap keputusan pembelian konsumen ada chingu korean fan café
Sawunggaling. Chingu korean fan café Sawunggaling berupa kuliner siap saji dengan
menawarkan menu-menu makanan dan minuman special khas Negara Korea Selatan
yang halal dan memiliki kualitas yang terjamin, sehingga konsumen akan meraakan
sensasi makan makanan khas korea selatan di Indonesia, namun dengan cita rasa dan
feelnya yang tidak kalah dengan negara aslinya yaitu korea selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan metode kuantitatif. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kausal. Teknik pengambilan sampel yaitu
menggunakan metode accidential sampling. Pada penelitian ini populasi penelitian
adalah konsumen yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian langsung pada
Chingu Korean Fan Café Sawunggaling dan melihat review pada online platform
sebelum melakukan pembelian, dalam penelitian ini jumlah sampel untuk responden
akan di tentukan dengan menggunakan rumus Bernoulli, setelah dihitung dengan
menggunakan rumus, maka diperoleh sampel sebanyak 96,6 kemudian dibulatkan
menjadi 100 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptif serta menggunakan metode uji statistik t.
Variabel store atmosphere dan eWOM berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 34.4%. Artinya semakin tinggi store
atmosphere dan eWOM maka semakin baik keputusan pembelian. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh nilai F hitung sebesar 25.408. Dikarenakan nilai F hitung 25.408 >
F table 3.090, maka Store atmosphare, EWOM secara simultan berpengaruh terhadap
Keputusan pembelian. Hasil koefisien determinansi simultan diperoleh sebesar 34.4%
berarti bahwa variable Store atmosphere dan eWOM memberikan kontribusi terhadap
keputusan pembelian sebesar 34.4%. Sedangkan sisanya yaitu 65.6% dipengaruhi oleh
variable lain yang tidak diteliti yaitu terdapat dua variabel kualitas pelayanan dan bauran
pemasaran
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diusulkan hendaknya untuk Pihak
Chingu Korean Fan Café Sawunggaling, dapat meningkatkan pelayanan terutama dalam
perbaikan pemasangan daftar menu, katalog menu dan gambar-gambar disesuaikan
dengan tema Chingu Korean Fan Café Sawunggaling agar terlihat menarik perhatian.
pihak Chingu Korean Fan Café Sawunggaling hendaknya meningkatkan pelayanan yang
baik dan memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga konsumen akan
merekomendasikan kepada konsumen lain untuk berkunjung ke Chingu Korean Fan
Café Sawunggaling. Dengan demikian pengalaman konsumen yang sudah berkunjung
dan menikmati fasilitas yang ada di Chingu Korean Fan Café Sawunggaling akan
memberikan pengalaman yang menyenangkan karena terbukti bahwa eWOM tidak
mengenal perbedaan.
Kata kunci: Store Atmosphere, Electronic Word Of Mouth, keputusan pembelian
konsumen