ABSTRAK
Generasi milenial yang berusia 20 tahun hingga 40 tahun pada tahun 2020 secara
umum dikatakan sebagai tech savvy. Hal ini dikarenakan generasi milenial mudah
beradaptasi dengan perkembangan serta perubahan yang terjadi pada dunia teknologi
maupun gadget. Generasi milenial merupakan pengguna terbesar dalam melakukan
belanja online serta penggunaan produk uang digital di Indonesia. Kemudahan yang
diberikan oleh teknologi inilah yang membuat generasi milenial di Indonesia terjebak ke
dalam gaya hidup konsumtif. Dampak yang diberikan dari gaya hidup yang konsumtif
salah satunya adalah dapat memperburuk kondisi keuangan pribadi yang dimiliki oleh
generasi milenial. Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan menyebutkan bahwa sebanyak 36
persen generasi milenial di Indonesia belum memahami literasi keuangan. Oleh sebab
itu, generasi milenial cenderung berperilaku konsumtif karena rendahnya kesadaran
dalam mengatur keuangan pribadi mereka.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh financial knowledge,
financial behavior, financial attitude, dan gaya hidup terhadap personal financial
management pada generasi milenial di Kota Bandung secara parsial dan simultan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan
jenis penelitian deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini merupakan generasi
milenial di Kota Bandung yang berjumlah kurang dari 1.070.435 jiwa. Teknik sampling
yang digunakan adalah metode non-probability sampling dengan sub teknik sampling
purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dari hasil Uji t, financial
knowledge dan financial behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap personal
financial management pada generasi milenial awal di Kota Bandung. Selanjutnya,
financial attitude, dan gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap personal
financial management pada generasi milenial awaldi Kota Bandung. Sedangkan financial
knowledge, financial behavior, financial attitude, dan gaya hidup berpengaruh positif dan
signifikan terhadap personal financial management pada generasi milenial akhir di Kota
Bandung. Berdasarkan hasil Uji F, financial knowledge, financial behavior, financial
attitude, dan gaya hidup secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap personal
financial management pada generasi milenial di Kota Bandung.
Kata Kunci : Financial Knowledge, Financial Behavior, Financial Attitude, Gaya Hidup,
Personal Financial Management