Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Personal Financial Management pada Generasi Milenial di Kota Bandung

REYDHA

Informasi Dasar

124 kali
20.04.3148
332.024
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Generasi milenial yang berusia 20 tahun hingga 40 tahun pada tahun 2020 secara umum dikatakan sebagai tech savvy. Hal ini dikarenakan generasi milenial mudah beradaptasi dengan perkembangan serta perubahan yang terjadi pada dunia teknologi maupun gadget. Generasi milenial merupakan pengguna terbesar dalam melakukan belanja online serta penggunaan produk uang digital di Indonesia. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi inilah yang membuat generasi milenial di Indonesia terjebak ke dalam gaya hidup konsumtif. Dampak yang diberikan dari gaya hidup yang konsumtif salah satunya adalah dapat memperburuk kondisi keuangan pribadi yang dimiliki oleh generasi milenial. Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan menyebutkan bahwa sebanyak 36 persen generasi milenial di Indonesia belum memahami literasi keuangan. Oleh sebab itu, generasi milenial cenderung berperilaku konsumtif karena rendahnya kesadaran dalam mengatur keuangan pribadi mereka. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh financial knowledge, financial behavior, financial attitude, dan gaya hidup terhadap personal financial management pada generasi milenial di Kota Bandung secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini merupakan generasi milenial di Kota Bandung yang berjumlah kurang dari 1.070.435 jiwa. Teknik sampling yang digunakan adalah metode non-probability sampling dengan sub teknik sampling purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dari hasil Uji t, financial knowledge dan financial behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap personal financial management pada generasi milenial awal di Kota Bandung. Selanjutnya, financial attitude, dan gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap personal financial management pada generasi milenial awaldi Kota Bandung. Sedangkan financial knowledge, financial behavior, financial attitude, dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap personal financial management pada generasi milenial akhir di Kota Bandung. Berdasarkan hasil Uji F, financial knowledge, financial behavior, financial attitude, dan gaya hidup secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap personal financial management pada generasi milenial di Kota Bandung.

Kata Kunci : Financial Knowledge, Financial Behavior, Financial Attitude, Gaya Hidup, Personal Financial Management

Subjek

FINANCE PERSONAL
 

Katalog

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Personal Financial Management pada Generasi Milenial di Kota Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REYDHA
Perorangan
Budi Rustandi Kartawinata
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SN843036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini