UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) adalah suatu organisasi mahasiswa yang
berjalan dengan tujuan dan ruang lingkupnya masing masing dimulai dari bidang
akademik hingga bidang non akademik. UKM di universitas Telkom saat ini belum
mempunyai sistem penilaian kinerja yang cukup jelas. Sehingga, menyebabkan
terdapat penilaian yang rancu dan mempengaruhi penilaian Direktorat Pengelolaan
Mahasiswa kepada setiap UKM. Oleh karena itu, perlu dibuat alat ukur yang sejalan
dengan visi dan misi dari Universitas Telkom.
Penelitian ini menggunakan Metode Balanced Scorecard dan pembobotan
menggunakan Analytichal Hierarchy Process, hal ini didasari pada turunan
performance management pada Universitas Telkom yang di turunkan melalui YPT
hingga level direktorat dan fakultas menggunakan BSC dan belum ada penurunan
dengan metode yang serupa. Adapun penggunaan AHP didasari pada penggunaan
hirearki yang ada di dalam metode BSC.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi. Hasil akhir dari tugas
akhir ini adalah menentukan strategi berdasarkan visi dan misi Universitass, untuk
menentukan indikator kinerja. Bobot masing masing indikator untuk perspektif
keuangan adalah 10%, perspektif customer adalah 35%, perspektif proses bisnis
internal adalah 22%, perspektif learning and growth adalah 32%. Skor bobot
tertinggi adalah perspektif pelanggan.
Kata Kunci: Balanced Scorecard (BSC), Analytichal Hierarchy Process (AHP),
Performance Management