PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

KIKI ISMAWAN

Informasi Dasar

87 kali
20.04.3288
005.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aksara sunda sudah menjadi muatan wajib lokal dibeberapa lembaga pendidikan. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah dan efektif jika disertai dengan penerapan teknologi. Karenanya dibutuhkan teknologi yang dapat memudahkan proses pembelajaran aksara sunda. Penelitian ini bertujuan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran. Diharapkan dengan adanya teknologi ini dapat memudahkan proses pembelajaran aksara sunda. Pembuatan AR sebagai media pembelajaran aksara sunda menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), jenis AR yang digunakan marker-based tracking. Aplikasi hanya dibuat untuk sistem operasi Android dengan versi minimal 4.4 (Kitkat). Pada penelitian ini dilakukan penyebaran kuesioner terhadap 183 siswa SMP Telkom Bandung. Hasil dari penelitian ini sebuah aplikasi Augmented Reality sebagai media pembalajaran aksara sunda berjenis marker based tracking yang mampu menampilkan bentuk model 3D, video cara penulisan huruf aksara sunda, soal, dan suara. Hasil dari pengujian black-box menunjukan semua komponen aplikasi berfungsi dengan baik. Untuk pengujian efektivitas medapatkan nilai 78.2 % sehingga aplikasi masuk dalam kategori efektif. Kata kunci : Augmented Reality, Marker-based tracking, Android, Aksara Sunda, MDLC

Subjek

EDUCATIONAL MEDIA
 

Katalog

PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KIKI ISMAWAN
Perorangan
Anang Sularsa, Entik Insanudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SMH1C4 - ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
  • SMH2M4 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM MULTIMEDIA
  • SMH3C3 - DESAIN INTERAKSI PENGGUNA
  • SMH3B2 - GAMIFIKASI
  • SMH2J2 - INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
  • SMH2L4 - PEMROGRAMAN GAME DASAR
  • SMH3A3 - PEMROGRAMAN GAME LANJUT
  • SMH2G2 - PROJECT MULTIMEDIA 1
  • SMH3G3 - PROJECT MULTIMEDIA 2
  • SMH4K4 - PROJECT MULTIMEDIA 3
  • VEI4D2 - PROJECT MULTIMEDIA 3

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini