Di era serba digital seperti saat ini, banyak industri yang sudah berubah atau memasuki persaingan baru lewat pasar digital, bukan hanya cara penjualannya, namun beragam produk pun sudah mulai bergeser atau memiliki perkembangan teknologi dan cara produksi terbaru. Salah satunya di antara barang cetakan yang dahulu sering kita gunakan namun sekarang sudah bergeser mengikuti teknologi saat ini. Diantara banyak produsen percetakan, salah satunya adalah Yukcetak yang merupakan website yang menyediakan jasa percetakan online bermitra dengan percetakan lokal se-Bandung.
Yukcetak merupakan pendatang baru di bisnis percetakan online. Maka dari itu Yukcetak memerlukan pengembangan streategi agar dapat bersaing dengan kompetitornya. penelitian ini dilakukan untuk mengembangakan strategi bersaing Yukcetak dengan mengetahui kondisi lingkungan eksternal, internal, dan menentukan strategi terbaik yang dapat dilakukan Yukcetak dengan menggunakan analisis matriks QSPM.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui metode wawancara dan observasi langsung. Jumlah narasumber yang menjadi sumber data penelitian ini berjumlah 6 orang yang berasal dari pihak internal dan eksternal Yukcetak. Lalu data tersebut diolah menggunakan matriks IFE dan EFE, SWOT, serta QSPM.
Hasil penelitian menghasilkan 6 pilihan strategi alternative yang dapat dipilih Yukcetak dalam bersaing dengan kompetitornya. Salah satu strategi dengan rekomendasi tinggi adalah pembuatan profil perusahaan berupa video maupun foto dokumentasi order untuk menambah rasa kepercayaan kepada calon konsumen Yukcetak.
Kata Kunci: Yukcetak, Strategi Bersaing, IFE, EFE, SWOT, QSPM