pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis dan doktor yang diselenggarakan oleh pendidikan tinggi (UU No. 20 tahun 2013 pasal19 ayat 1). Untuk mencapai tujuan tersebut lembaga pendidikan tinggi melaksanakan misi “Tridharma” pendidikan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam ruang lingkup tanah air Indonesia sebagai kesatuan wilayah pendidikan nasional.
Perguruan tinggi di Indonesia di bagi menjadi dua, yaitu Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Selain itu, jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia bisa terbilang banyak hal ini membuat persaingan antara perguruan tinggi semakin tinggi.
Melalui Instagram, pengguna dapat mencar informasi Perguruan Tinggi Swasta di Instagram dengan cara mem-follow (mengikuti) akun Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Swasta tersebut, calon mahasiswa dapat menerima informasi terbaru berupa gambar dan video perguruan tinggi tersebut. informasi berupa cara pendaftaran, prestasi yang telah di dapat, akreditas dari Perguruan Tinggi maupun program studinya, fasilitas yang di berikan oleh perguruan tinggi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari peta persaingan penerimaan mahasiswa baru universitas Telkom dengan 21 Perguruan Tinggi Swasta berdasarkan data pengikut (followers) akun Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) masing – masing perguruan tinggi. Penelitian ini mengidentifikasi peta persaingan dengan menggunakan metode Clustering K-Means. Hasil olahan data akan menunjukan apakah calon mahasiswa baru lebih banyak mengikuti (memfollow) Universitas Telkom di bandingkan dengan 21 Perguran Tinggi Swasta lain dan apakah Universitas Telkom lebih popular di Instagram dibandingkan dengan 21 Perguruan Tinggi Swasta yang lain.
Kata kunci: Perguruan Tinggi Swasta, universitas Telkom, Peta Persaingan