PENGARUH RISIKO SISTEMATIK, PERTEMUAN KOMITE AUDIT, KEAHLIAN KOMITE AUDIT DAN IOS TERHADAP KUALITAS LABA (Studi pada Industri Sektor Infrastruktur, Utilitas, Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

PUTRI APRIOSELA MUHDI

Informasi Dasar

20.04.3355
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas laba mencerminkan kinerja perusahaan yang sebenarnya dalam menghasilkan pendapatan operasionalnya. Kualitas laba dapat menjadi indikasi terhadap kemampuan informasi laba dalam memberikan respon kepada pasar. Selain itu kualitas laba mendapatkan perhatian dan berperan penting dalam pengambilan keputusan investasi bagi para investor dan berbagai pihak. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko sistematik, jumlah pertemuan komite audit, keahlian komite audit, dan investment opportunity sets terhadap kualitas laba pada perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014 – 2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014 – 2018. Sampel yang dihasilkan sebanyak 50 sampel dengan Non-probability sampling. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko sistematik, jumlah pertemuan komite audit, keahlian komite audit, dan investment opportunity sets berpengaruh simultan terhadap kualitas laba. Secara parsial, jumlah pertemuan komite audit berpengaruh negatif terhadap kualitas laba, sedangkan risiko sistematik, keahlian komite audit dan investment opportunity sets tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan objek penelitan dalam sektor lain dengan memperpanjang waktu penelitiannya dan menggunakan kembali variabel risiko sistematik, keahlian komite audit dan investment opportunity sets. Bagi perusahaan, harus lebih memperhatikan aktivitas komite audit dengan memantau secara rutin pertemuan atau rapat yang dilakukan komite audit agar terhindar dari kecurangan pelaporan keuangan, sehingga laba yang dihasilkan berkualitas. Bagi investor, untuk mempertimbangkan faktor tata kelola perusahaan khususnya komite audit yang berhubungan langsung dengan pengendalian internal, sehingga dapat mempengaruhi keputusan investasi.

Kata kunci: Kualitas laba, risiko sistematik, jumlah pertemuan komite audit, keahlian komite audit, investment opportunity sets.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH RISIKO SISTEMATIK, PERTEMUAN KOMITE AUDIT, KEAHLIAN KOMITE AUDIT DAN IOS TERHADAP KUALITAS LABA (Studi pada Industri Sektor Infrastruktur, Utilitas, Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI APRIOSELA MUHDI
Perorangan
Muhammad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini