NEXT PROCUREMENT PREDICTION MENGGUNAKAN TEHNIK MARKOV CHAIN DENGAN PENDEKATAN LAPLACE SMOOTHING

FIKRI NURHADIANSYAH

Informasi Dasar

20.05.085
670.68
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Proses procurement merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan barang dan jasa. Proses procurement kini telah menjadi sebuah aktifitas yang strategis bagi perusahaan karena pada beberapa kasus telah menjadi salah satu faktor perusahaan dalam mendapatkan saving sehingga penentuan strategi procurement sangat diperhatikan oleh perusahaan.

Salah satu hal yang mempengaruhi pembuatan strategi procurement adalah pembuatan perencanaan yang baik di mana perencanaan dibuat berdasarkan data dari aktifitas procurement yang telah dilakukan sebelumnya untuk memperkirakan aktifitas procurement yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah berdasarkan data procurement PT Kimia Farma  dapat memprediksi aktifitas procurement yang akan terjadi selanjutnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Markov Chain di mana dataset dilakukan pre-prosesing terlebih dahulu. Untuk membantu meningkatkan hasil akurasi prediksi, Laplace Smoothing digunakan pada model Markov Chain yang telah dibentuk.

Hasil penelitian menunjukan bahwa prediksi menggunakan Markov Chain  memberikan akurasi yang kecil meskipun telah menggunakan pendekatan Laplace Smoothing.

Kata Kunci: Procurement, Markov Chain, Laplace Smoothing.

Subjek

MANAGEMENT IN MANUFACTURING
 

Katalog

NEXT PROCUREMENT PREDICTION MENGGUNAKAN TEHNIK MARKOV CHAIN DENGAN PENDEKATAN LAPLACE SMOOTHING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIKRI NURHADIANSYAH
Perorangan
Gadang Ramantoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • MM400014 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini