Restoran adalah bagian dari F&B Service Department dalam suatu hotel, memiliki peran penting dalam kesuksesan sebuah hotel. Pramusaji merupakan ujung tombak yang menentukan tercapainya tujuan dan kelancaran operasional suatu restoran. Di Hotel The Stones Legian Bali ditemui beberapa masalah yang terjadi saat operasional buffet breakfast, antara lain: kualitas kopi yang buruk, peralatan makan dan minum yang tidak bersih, rasa jus yang berubah-ubah, serta pengantaran makanan dan minuman kepada tamu yang tidak memesannya. Karena hal-hal tersebut penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana peranan pramusaji terhadap kelancaran operasional breakfast serta faktor apa saja yang menghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi peran pramusaji saat operasional breakfast di hotel selama enam bulan, mewawancarai staff dan captain restoran, serta melakukan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pramusaji sangat berperan penting terhadap kelancaran operasional breakfast di hotel ini. Faktor penghambat operasional breakfast ini adalah kurangnya skill pramusaji dalam menggunakan tray, selalu ada pramusaji baru yang sedang beradaptasi hingga tidak mengerti lokasi meja, pramusaji yang kurang peka terhadap situasi di sekitarnya, serta skill meracik minuman yang tidak tidak merata. Disarankan agar hotel lebih sering memberikan pelatihan kepada staff dan trainee, bila perlu secara teratur, trainee baru yang belum dapat bekerja sendiri seharusnya jangan ditugaskan sendiri dan selalu dalam pengawasan staff atau senior pada operasional breakfast serta penempatan staff yang sebaiknya disesuaikan dengan bidang yang dikuasai untuk meminimalisir kesalahan.
Kata kunci: restoran, operasional, pramusaji