Modul Game Puzzle pada Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Schule Game Mobile

NADHILA NUR AISYA

Informasi Dasar

20.04.3376
794.807
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pembelajaran bahasa Arab di sekolah mencakup beberapa keterampilan berbahasa seperti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Agar dapat meningkatkan keterampilan tersebut, siswa perlu memiliki banyak pembendaharaan kata. SD Khoiru Ummah Kabupaten Bandung memiliki keterbatasan dari segi visual dalam proses pembelajaran dalam bahasa Arab khususnya kosakata yang dilakukan secara lisan. Metode game puzzle dapat menjadi alternatif anak dalam belajar kosakata. Anak dilatih untuk berkonsentrasi dalam berpikir untuk menemukan kosakata secara tepat. Oleh karena itu, dibangun alat bantu visual untuk pengajaran bahasa Arab berupa game mobile bersifat edukasi yang terdapat game puzzle. Game mobile ini dibangun untuk digunakan di platform Android dengan dirancang menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan dibangun menggunakan software Unity. Dilakukan pengujian Alpha untuk menguji fungsionalitas pada aplikasi Schule game mobile dan mendapatkan validasi sesuai yang diharapkan. Pada pengujian Beta, dilakukan pengujian aplikasi dan pengisian kuisioner yang dilakukan oleh tiga Guru SD Khoiru Ummah. Hasil pengujian Beta diukur dengan metode Skala Likert mendapatkan persentase kelayakan sebesar 75% dan interpretasi kategori “Layak”.

Kata kunci: Game mobile, game puzzle, Android, Unity, bahasa Arab

Subjek

GAMES DESIGN
 

Katalog

Modul Game Puzzle pada Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Schule Game Mobile
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADHILA NUR AISYA
Perorangan
Agus Pratondo, Anang Sularsa
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini