PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, COMPANY SIZE, DAN RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Bank Umum Devisa Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018)

REDZKI KURNIA PUTRA

Informasi Dasar

20.04.3395
332.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank merupakan lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menghimpun dana dari masyarakat pemilik dana dan menyalurkan dana yang dihimpun kepada masyarakat yang memerlukan dana. Pada akhir periode usaha, setiap lembaga atau perusahaan menyusun laporan keuangan yang kemudian diberikan kepada pihak berkepentingan melalui analisis laporan keuangan yang berupa rasio dalam rangka menilai kinerja efektifitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance, Company Size, dan Risiko Likuiditas terhadap Profitabilitas. Populasi pada penelitian ini adalah bank umum devisa konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 – 2018. Fenomena dalam penelitian ini dieksplorasi dengan menggunakan metode studi kasus, dengan jenis penelitian deskriptif verifikatif. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 23 (dua puluh tiga) perusahaan perbankan dengan periode penelitian selama 5 (lima) tahun sehingga penelitian ini mendapatkan 115 (seratus lima belas) data observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni panel least square. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Good Corporate Governance, Company Size, dan Risiko Likuiditas berpengaruh secara simultan terhadap Profitabilitas. Secara parsial, Good Corporate Governance berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, Company Size berpengaruh positif terhadap profitabilitas, dan Risiko Kredit tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Penelitian ini disarankan dapat digunakan sebagai acuan bagi pihak akademik untuk penelitian selanjutnya maupun bagi pihak regulator dalam mengawasi perusahaan perbankan, bagi pihak investor dalam mengambil keputusan untuk investasi, serta bagi pihak manajemen dalam mempertimbangkan strategi yang tepat untuk diterapkan di perusahaan.

Kata Kunci: Profitabilitas, Good Corporate Governance, Company Size, Risiko Likuiditas

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE-BANK
 

Katalog

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, COMPANY SIZE, DAN RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Bank Umum Devisa Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REDZKI KURNIA PUTRA
Perorangan
Khairunnisa
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini