PENGARUH SELF-EFFICACY, PRIOR KNOWLEDGE DAN SOCIAL NETWORK TERHADAP OPPORTUNITY RECOGNITION DENGAN MEDIASI ENTREPRENEURIAL ALERTNESS (STUDI PADA UMKM BIDANG KULINER BINAAN DINAS KUKM KOTA BANDUNG)

NOVIA NABILLA MI`RAJ

Informasi Dasar

20.04.3410
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Opportunity Recognition (OR) memiliki peranan penting dalam dunia wirausaha. Pada penelitian terdahulu OR sering disebutkan sebagai langkah kunci dalam proses kewirausahaan. Hal ini dikarenakan OR merupakan tahap awal dalam proses kewirausahaan. Wirausaha yang dapat melihat peluang atau opportunity recognition akan mampu mengeksploitasi peluang yang ada di pasar dan dapat menjawab kebutuhan pasar. Meski demikian tidak semua wirausaha memiliki OR. Menurut penelitian terdahulu untuk dapat memeliki OR dipengaruhi beberapa faktor yang dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh dan arah hubungan Self-Efficacy (SE), Prior Knowledge (PK), Social Network (SN) dan terhadap OR dengan mediasi Entrepreneurial Alertness(EA). Objek pada penelitian adalah UMKM bidang kuliner binaan Dinas KUKM Kota Bandung. diketahui berdasarkan hasil wawancara dan penelitian terdahulu menunjukkan kemampuan yang masih kurang dalam melihat peluang. Data dalam penelitian ini didapat melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 339 sampel dari 2221 populasi UMKM bidang kuliner binaan Dinas KUKM Kota Bandung. Kuesioner terdiri atas beberapa pernyataan dengan pilihan jawaban berupa 5 skala likert. Penyebaran kuesioner menggunakan teknik convenience sampling dan analisis datadeskriptif selain itu analisis data menggunakan metode Structured Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS dengan menguji outer model dilihat dari validitas konvergen, validitas diskriminan, dan reliabilitas lalu uji inner model untuk mengetahui nilai R^2 dan melakukan bootstrapping untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa SN memiliki angka presentase paling besar yaitu 86,4% artinya, UMKM setuju bahwa lingkungan sosial dan relasi membantu pelaku UMKM dalam mengidentifikasi peluang usaha baru. Dalam pengujian hipotesis menunjukkan bahwa semua faktor secara positif berhubungan dengan OR. Selain itu hasil menunjukkan bahwa SE tidak mempengaruhi OR secara signifikan, dan yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah SN.

Subjek

Entreupreneurship
 

Katalog

PENGARUH SELF-EFFICACY, PRIOR KNOWLEDGE DAN SOCIAL NETWORK TERHADAP OPPORTUNITY RECOGNITION DENGAN MEDIASI ENTREPRENEURIAL ALERTNESS (STUDI PADA UMKM BIDANG KULINER BINAAN DINAS KUKM KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVIA NABILLA MI`RAJ
Perorangan
Lia Yuldinawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini